Text
DISERTASI: EVALUASI PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK (SRA) DENGAN MODEL CIPPO (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT, OUTCOME) DI SEKOLAH ISLAM TERPADU AR-RAHMAH MAKASSAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Program Satuan
Pendidikan Ramah Anak (SRA) di SDIT Ar-Rahmah Makassar dengan
menggunakan model evaluasi CIPPO, yang fokus pada aspek Context(Konteks),
Input (Masukan), Process (Proses), Product (Produk), dan Outcome (Keluaran).
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan survei
kuantitatif untuk mengukur efektivitas program dan pendekatan kualitatif
melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen untuk mendalami
perspektif pemangku kepentingan. Pendekatan ini menghasilkan evaluasi
komprehensif atas implementasi Program Satuan Pendidikan Ramah Anak.
Program Satuan Pendidikan Ramah Anak di Sekolah Dasar Islam Terpadu ArRahmah Makassar secara keseluruhan berada dalam kategori Baik. Program
ini relevan dengan visi, misi, dan kebijakan pendidikan nasional, namun
memerlukan pembaruan kebutuhan secara berkala. Sarana prasarana
memadai dan kompetensi guru cukup baik, tetapi pemeliharaan fasilitas,
pelatihan staf non-akademik, dan diversifikasi sumber dana perlu
ditingkatkan. Pelaksanaan program telah sesuai indikator meskipun terdapat
inkonsistensi di beberapa kelas, dan supervisi pelaksanaan membutuhkan
perbaikan. Program berhasil menciptakan lingkungan belajar yang aman,
nyaman, serta membangun kerja sama positif antara guru, siswa, dan orang
tua. Dampak program terhadap motivasi belajar, kesejahteraan emosional,
dan keterampilan sosial siswa signifikan, menunjukkan keberhasilan dalam
pengembangan karakter siswa. Meski telah mencapai hasil yang baik,
penguatan aspek pemeliharaan, pelatihan SDM, dan keberlanjutan dana perlu
menjadi perhatian untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan dampak
program.
Penelitian ini merekomendasikan integrasi model evaluasi CIPPO dalam
pendidikan inklusif, supervisi rutin, diversiϐikasi dana, dan peningkatan
fasilitas inklusif. Monitoring jangka panjang diperlukan untuk mengukur
dampak program. Keberhasilan di SDIT Ar-Rahmah dapat menjadi model
adaptif bagi Satuan Pendidikan dan berkontribusi pada literatur pendidikan
nasional dan global.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Satuan PendidikanRamah Anak, Model CIPPO
Tidak tersedia versi lain