Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: EVALUASI PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK (SRA)
DENGAN MODEL CIPPO (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT,
OUTCOME) DI SEKOLAH ISLAM TERPADU
AR-RAHMAH MAKASSAR
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: EVALUASI PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK (SRA) DENGAN MODEL CIPPO (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT, OUTCOME) DI SEKOLAH ISLAM TERPADU AR-RAHMAH MAKASSAR

MUSMULIADI - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Program Satuan
Pendidikan Ramah Anak (SRA) di SDIT Ar-Rahmah Makassar dengan
menggunakan model evaluasi CIPPO, yang fokus pada aspek Context(Konteks),
Input (Masukan), Process (Proses), Product (Produk), dan Outcome (Keluaran).
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan survei
kuantitatif untuk mengukur efektivitas program dan pendekatan kualitatif
melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen untuk mendalami
perspektif pemangku kepentingan. Pendekatan ini menghasilkan evaluasi
komprehensif atas implementasi Program Satuan Pendidikan Ramah Anak.
Program Satuan Pendidikan Ramah Anak di Sekolah Dasar Islam Terpadu ArRahmah Makassar secara keseluruhan berada dalam kategori Baik. Program
ini relevan dengan visi, misi, dan kebijakan pendidikan nasional, namun
memerlukan pembaruan kebutuhan secara berkala. Sarana prasarana
memadai dan kompetensi guru cukup baik, tetapi pemeliharaan fasilitas,
pelatihan staf non-akademik, dan diversifikasi sumber dana perlu
ditingkatkan. Pelaksanaan program telah sesuai indikator meskipun terdapat
inkonsistensi di beberapa kelas, dan supervisi pelaksanaan membutuhkan
perbaikan. Program berhasil menciptakan lingkungan belajar yang aman,
nyaman, serta membangun kerja sama positif antara guru, siswa, dan orang
tua. Dampak program terhadap motivasi belajar, kesejahteraan emosional,
dan keterampilan sosial siswa signifikan, menunjukkan keberhasilan dalam
pengembangan karakter siswa. Meski telah mencapai hasil yang baik,
penguatan aspek pemeliharaan, pelatihan SDM, dan keberlanjutan dana perlu
menjadi perhatian untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan dampak
program.
Penelitian ini merekomendasikan integrasi model evaluasi CIPPO dalam
pendidikan inklusif, supervisi rutin, diversiϐikasi dana, dan peningkatan
fasilitas inklusif. Monitoring jangka panjang diperlukan untuk mengukur
dampak program. Keberhasilan di SDIT Ar-Rahmah dapat menjadi model
adaptif bagi Satuan Pendidikan dan berkontribusi pada literatur pendidikan
nasional dan global.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Satuan PendidikanRamah Anak, Model CIPPO


Ketersediaan
#
Pascasarjana 371.2
8010020800
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.2
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?