Text
TESIS: PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERSTANDAR PROSES DI SMA PONDOK PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ ‘AISYIYAH WILAYAH SULAWESI SELATAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam berstandar proses di SMA Pondok Pesantren
Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan.. Pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam berstandar proses di SMA Pondok Pesantren
Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. Penilaian
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pondok Pesantren Puteri Ummul
Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Sumber data yang digunakan
dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber
data primer terdiri atas wawancara dengan informan, hasil observasi di lapangan
serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan hasil penelitian, sedangkan sumber
data sekunder terdiri atas sumber-sumber tertulis yang relevan dengan hasil
penelitian. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sementara
itu, uji keabsahan data yang digunakan adalah derajat kepercayaan (credibility).
\ Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan perencanaan, telah
dilakukan sebagaimana tahapan-tahapan yang harus dilakukan, yaitu menyiapkan
peserta didik secara fisik dan psikis, mengajukan pertanyaan terhadap pelajaran
sebelumnya serta menjelaskan RPP dan materi pembelajaran yang akan berlangsung.
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berstandar proses yang dilakukan
oleh Guru PAI Juwaini. di SMA Ummul Mukminin di kelas XI. Pelaksanaan
pembelajaran yang dilaksanakan meliputi 3 bagian yaitu kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan Penilaian, melakukan penilian
yang menekankan tentang aspek psikomotrik, kongnitif, dan efektif terutama
bagaimana penilaian dari sisi akhlakul karimah para peserta didik sehingga
akumulasi dari penilaian ini terbentuk kepribadian bagi peserta didik. Dan juga
mampu memberikan pemberian umpan balik terhadap hasil kerja peserta didik,
memfasilitasi mereka untuk mendapatkan pengalaman bermakna, serta memotifasi
peserta didik yang masih kurang berpartisipasi aktif. Pada waktu memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. Implikasi penelitian ini yakni kepada peneliti lainnya yang berkeinginan
untuk meneliti dalam wilayah kajian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan
pembelajaran PAI yang berbasis Standar Proses bukan hanya pada mata pelajaran
rumpun PAI saja, melainkan pada mata pelajaran lainnya.
Tidak tersedia versi lain