Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: HUBUNGAN TUPOKSI PENGAWAS PAI, KINERJA KEPALA
MADRASAH TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DAN
PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PESERTA DIDIK PADA MADRASAH ALIYAH
DI KABUPATEN PINRANG
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: HUBUNGAN TUPOKSI PENGAWAS PAI, KINERJA KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK PADA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN PINRANG

MASYKUR BADUKA - Nama Orang;

Disertasi ini membahas tentang Hubungan Tupoksi Pengawas
Pendidikan Agama Islam, Kinerja Kepala Madrasah, dan
Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama
Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang.
Variabel penelitian yang merupakan inti dan fokus pembahasan adalah
variabel Pengawas Pendidikan Agama Islam (X1), Kinerja Kepala
Madrasah (X1), Profesionalitas Guru (X3) dan Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam Peserta Didik (Y). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Hubungan Tupoksi Pengawas PAI, Kinerja Kepala
Madrasah, dan Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah di
Kabupaten Pinrang
Jenis penelitian yang pergunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi
penelitian ini adalah Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang dengan teknik
sampel secara proporsionat stratified random sampling sebanyak 100 orang
para pengawas Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Islam, dan
peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah
teknik observasi, dokumentasi, dan angket, sedangkan teknik analisis data
yang dipergunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis uji
korelasioal dan regresi ganda.
Hasil penelitian ditemukan: Pertama, tingkat pelaksanaan Tupoksi
Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah di
Kabupaten Pinrang tergolong kategori sangat rendah atau sangat lemah.
Kedua tingkat kinerja guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah
di Kabupaten Pinrang tergolong kategori sedang. Ketiga, Profesionalitas
Guru Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang
tergolong tinggi, baik dan kuat. Kempat Prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang tergolong
kategori sangat baik dan sangat tinggi. Kelima tidak terdapat korelasi yang
signifikan antara pelaksanaan tupoksi pengawas PAI terhadap prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam peserta didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten
Pinrang dengan nilai -0,040. Keenam tidak terdapat korelasi yang signifikan
antara Kinerja kepala Madrasah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam peserta didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang dan
pengaruhnya sangat rendah atau sangat lemah dengan nilai 0028. Ketujuh
Kesembilan terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara
profesionalitas guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
peserta didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang dan pengaruhnya
sangat tinggi dengan nilai 0,857. Kedelapan Hubungan secara bersama-sama
antara tupoksi pengawas PAI, kinerja kepala madrasah dan profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam peserta didik pada Madrasah Aliyah di
Kabupaten Pinrang tergolong kategori sangat tinggi dan berpengaruh sangat
signifikan dengan perolehan nilai skor R (x1x2x3)y = 0,863 yang berkontribusi
sebanyak 74,500%.
Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan
terhadap pemerintah, pengawas, kepala madrasah, guru, peserta didik dan
tenaga kependidikan serta orang tua peserta didik. Implikasi penelitian ini
menjadi khasanah intelektual dalam bidang pengelolaan Madrasah Aliyah
sekaligus merupakan bagian dari sikap akademik untuk turut serta dalam
memberi sumbangan pemikiran terhadap bangsa dan masyarakat pada
umumnya. Sumbangan pemikiran tersebut khususnya mengenai peningkatan
sumber daya masyarakat yang cerdas, sehat, bertanggung jawab, dan
berkualitas.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370
80100314014
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?