Text
DISERTASI: HUBUNGAN TUPOKSI PENGAWAS PAI, KINERJA KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK PADA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN PINRANG
Disertasi ini membahas tentang Hubungan Tupoksi Pengawas
Pendidikan Agama Islam, Kinerja Kepala Madrasah, dan
Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama
Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang.
Variabel penelitian yang merupakan inti dan fokus pembahasan adalah
variabel Pengawas Pendidikan Agama Islam (X1), Kinerja Kepala
Madrasah (X1), Profesionalitas Guru (X3) dan Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam Peserta Didik (Y). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Hubungan Tupoksi Pengawas PAI, Kinerja Kepala
Madrasah, dan Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah di
Kabupaten Pinrang
Jenis penelitian yang pergunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi
penelitian ini adalah Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang dengan teknik
sampel secara proporsionat stratified random sampling sebanyak 100 orang
para pengawas Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Islam, dan
peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah
teknik observasi, dokumentasi, dan angket, sedangkan teknik analisis data
yang dipergunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis uji
korelasioal dan regresi ganda.
Hasil penelitian ditemukan: Pertama, tingkat pelaksanaan Tupoksi
Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah di
Kabupaten Pinrang tergolong kategori sangat rendah atau sangat lemah.
Kedua tingkat kinerja guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah
di Kabupaten Pinrang tergolong kategori sedang. Ketiga, Profesionalitas
Guru Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang
tergolong tinggi, baik dan kuat. Kempat Prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang tergolong
kategori sangat baik dan sangat tinggi. Kelima tidak terdapat korelasi yang
signifikan antara pelaksanaan tupoksi pengawas PAI terhadap prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam peserta didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten
Pinrang dengan nilai -0,040. Keenam tidak terdapat korelasi yang signifikan
antara Kinerja kepala Madrasah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam peserta didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang dan
pengaruhnya sangat rendah atau sangat lemah dengan nilai 0028. Ketujuh
Kesembilan terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara
profesionalitas guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
peserta didik pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Pinrang dan pengaruhnya
sangat tinggi dengan nilai 0,857. Kedelapan Hubungan secara bersama-sama
antara tupoksi pengawas PAI, kinerja kepala madrasah dan profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam peserta didik pada Madrasah Aliyah di
Kabupaten Pinrang tergolong kategori sangat tinggi dan berpengaruh sangat
signifikan dengan perolehan nilai skor R (x1x2x3)y = 0,863 yang berkontribusi
sebanyak 74,500%.
Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan
terhadap pemerintah, pengawas, kepala madrasah, guru, peserta didik dan
tenaga kependidikan serta orang tua peserta didik. Implikasi penelitian ini
menjadi khasanah intelektual dalam bidang pengelolaan Madrasah Aliyah
sekaligus merupakan bagian dari sikap akademik untuk turut serta dalam
memberi sumbangan pemikiran terhadap bangsa dan masyarakat pada
umumnya. Sumbangan pemikiran tersebut khususnya mengenai peningkatan
sumber daya masyarakat yang cerdas, sehat, bertanggung jawab, dan
berkualitas.
Tidak tersedia versi lain