Text
TESIS: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO ANIMASI BAGI SISWA KELAS VII PONDOK PESANTREN DARUL ISHLAH BULUKUMBA
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
bahasa Arab berbasis video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui
kebutuhan belajar siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba, (2)
Mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi, (3)
mengukur tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran
bahasa Arab berbasis video animasi. Kegunaan penelitian ini, bagi para pengajar,
tentunya pengajaran berbantuan perangkat media pembelajaran berbasis video
animasi ini juga membantu dalam penyampaian dan penyajian materi yang praktis
dan efektif.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dengan pendekatan penelitian dan pengembangan
(R&D), dimana pendekatan penelitian R&D merupakan suatu proses yang
digunakan untuk mengembangkan dan menvalidasi produk-produk pendidikan.
Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap utama
yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap
implementasi program terhadap produk pengembangan dilakukan pengujian
lapangan, dalam hal ini peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok
Pesantren Darul Ishlah Bulukumba sebagai objek uji coba.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa
Arab berbasis video animasi telah diuji dan memperoleh penilaian dan validasi oleh
ahli bidang masing-masing. Skor validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar
47 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi yang diperoleh dari
ahli media sebesar 60 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi
yang diperoleh dari ahli bahasa sebesar 27 dengan kriteria kevalidan adalah sangat
valid. Pada hasil tes belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata siswa pada tes atau quiz
yang dilakukan setelah pembelajaran menggunakan media video animasi sebesar
91,66. Maka dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa
Arab berbasis video animasi berdasarkan hasil tes belajar siswa termasuk dalam
kategori sangat efektif.
Tidak tersedia versi lain