Text
TESIS: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK LANIANG MAKASSAR
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan
model pembelajaran quantum berbasis information and communication technology, 2) Untuk
mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
di SMK Laniang Makassar, 3) Untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran
quantum berbasis information and communication technology terhadap perestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Laniang Makassar.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian quasi
eksperiment dengan bentuk desain penelitian nonquivalent control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang ada di SMK Laniang Makassar.
Penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih
adalah kelas XII TKJA sebagai kelas kontrol dan kelas XII TKJB sebagai kelas eksperimen.
Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes prestasi belajar pendidikan
agama Islam, yang terbagi atas pretest dan posttest serta lembar observasi aktivitas guru dan
peserta didik yang menjadi tolok ukur terlaksananya penerapan model pembelajaran quantum
berbasis information and communication technology. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran quantum berbasis
information and communication technology dapat diterapkan terhadap peserta didik pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam, terlihat dari peserta didik lebih banyak melakukan
kegiatan aktif serta pembelajaran lebih tersampaikan dengan adanya model pembelajaran
yang inovatif serta media teknologi yang mendukung. 2) prestasi belajar pendidikan agama
Islam pada kelas kontrol pada pretest diperoleh skor rata-rata yaitu 47,7 dan pada posttest
diperoleh hasil skor rata-rata yaitu 72,5, berada pada kategori sedang. Sedangkan, penelitian
yang telah dilakukan oleh peneliti pada kelas eksperimen diperoleh hasil skor rata-rata yaitu
48 dan pada posttest diperoleh hasil skor rata-rata yaitu 82, berada pada kategori tinggi. 3)
secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan
agama Islam pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis
data yang diperoleh, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran quantum berbasis information and communication technology terhadap prestasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Laniang Makassar.
Implikasi pada peneliti ini yaitu peneliti berharap penerapan model pembelajaran
quantum berbasis information and communication technology dapat disarankan sebagai
salahsatu model pembelajaran alternatif didalam proses belajar mengajar, serta hasil
penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan mutu
pendidikan
Tidak tersedia versi lain