Text
TESIS: PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM MATERI PRAKTIK IBADAH SALAT PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs.N 4 BULUKUMBA KABUPATEN BULUKUMBA
Tujuan penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan
media pembelajaran berbasis video tutorial pada materi praktik ibadah fikih di
MTs.N 4 Bulukumba, 2) menguji tingkat kevalidan pengembangan media
pembelajaran berbasis video tutorial pada materi praktik ibadah fikih di MTs.N 4
Bulukumba, 3) mengetahui tingkat keefektifan pengembangan media pembelajaran
berbasis video tutorial pada materi praktik ibadah fikih di MTs.N 4 Bulukumba 4)
Untuk menguji tingkat kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis
video tutorial pada materi praktik ibadah fikih di MTs.N 4 Bulukumba.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development)
yang menghasilkan media pembelajaran video tutorial. Model pengembangan
perangkat yang digunakan mengacu pada model 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu;
1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop) dan 4)
penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap
proses pengembangan (develop) dikarenakan keterbatasan dana, waktu dan tenaga.
Untuk tingkat kevalidan media video tutorial di validasi oleh tim ahli/validator,
selangjutnya produk media video di uji coba dilapangan melalui 2 tahap yaitu tahap
uji coba kelompok kecil dan tahap uji coba kelompok besar. Untuk analisis data hasil
belajar untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan media video tutorial
menggunakan perbandingan rata-rata pretest dan posttes dengan menggunakan rumus
N-gain dan untuk menguji kepraktisan penggunaan media video tutorial dengan
menggunakan porsentasi respon peserta didik terhadap penggunaan media video
tutorial
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial yang
dikembangkan dalam bentuk video tutorial setelah melalui validasi dari para
ahli/Validator dan uji coba terbatas, maka bahan ajar ini dinyatakan valid, praktis dan
efektif sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran fikih khususnya materi
ibadah salat.
Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan media video tutuorial yang
telah memenuhi syarat kevalidan, keefektifan dan praktis, selain itu memperhatikan
kebutuhan peserta didik dalam bentuk perangkat yang dibuat menarik dan disesuikan
dengan perkembangan IPTEK. Media ini dapat membantu pendidik dalam
menyampaikan materi ibadah salat karena penggunaan media video tutorial ini dalam
proses pembelajaran dapat membantu membangkitkan keinginan minat yang baru,
membangkitkan motivasi peserta didik dan bahkan dapat mempengaruhi psikologi
peserta didik dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, video tutorial, salat dan fikih
Tidak tersedia versi lain