Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME PADA
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SMA NEGERI 22 GOWA
Penanda Bagikan

Text

TESIS: IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 22 GOWA

IYANG EBI NOVITA - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teori belajar
konstruktivisme pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA
Negeri 22 Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Sumber data dari penelitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam,
peserta didik dan wakil kepala sekolah urusan kurikulum.
Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi,
pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk
menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Sebelum memulai setiap kegiatan pembelajaran konstruktivisme,
pendidik memiliki perencanaan. Hal itu karena dengan perencanaan
kegiatan yang dilakukan akan berjalan dengan baik. Tanpa perencanaan
kegiatan yang harusnya dapat dilakukan dengan baik akan berubah
menjadi berantakan karena kita tidak memiliki gambaran dan managemen
tentang kegiatan yang akan dilakukan. Tak terkecuali dalam kegiatan
pembelajaran. Bagi pengajar dalam implementasi teori belajar
konstriktivisme, merencanakan kegiatan pembelajaran adalah sebuah hal
yang wajib dilakukan demi suksesnya pembelajaran yang akan dilakukan.
Pelaksanaan teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMA Negeri 22 Gowa diawali dengan
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang mencakup kegiatan mengamati,
menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan, serta kegiatan
penutup pembelajaran. Pada kegiatan pendahuluan, pendidik
memantapkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep yang
telah dikuasai yang berkaitan dengan materi baru yang akan dipelajari.
Kegiatan inti mengarah pada student centered learning melalui berbagai
aktivitas belajar seperti; mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan
mengkomunikasikan. Kegiatan penutup dilakukan dengan menyimpulkan
hasil belajar serta memberikan program pengayaan.Terdapat kendala
kultural dan struktural selama pelaksanaan teori belajar konstruktivisme
pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 22 Gowa.
Faktor pendukung dalam teori belajar konstruktivisme dalam
pembelajaran endidikan agama Islam di SMAN 22 Gowa di antaranya
adalah sikap mental pendidik, kemampuan pendidik, media, dan kelengkapan buku referensi. Sedangkan faktor penghambat yang terjadi
pada pelaksanaan teori belajar konstruktivisme menjadi kendala kultural
dan kendala struktural. Kendala kultural terdapat pada proses
pembelajaran, peran peserta didik, peran pendidik, sarana belajar dan
evaluasi belajar. Sedangkan kendala struktural terdapat pada tugas dan
kewajiban pendidik yang berkaitan dengan sistem administrasi dan harus
dipenuhi. Selain kendala kultural dan struktural terdapat kendala lain yaitu
pada tingkat pemahaman pendidik akan teori belajar konstruktivisme,
struktur materi yang diajarkan, alokasi waktu pembelajaran. Berdasarkan
hasil belajar Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 22 Gowa memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan secara eksplisit
dengan menggunakan bahasa peserta didik sendiri, berbagi gagasan
dengan temannya, dan mendorong peserta didik memberikan penjelasan
tentang gagasannya.
Kata kunci: Pembelajaran, Konstruktivisme, Teori Belajar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370
80200217011
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?