Text
TESIS: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DAN PENGUASAAN KONSEP AKIDAH AKHLAK DI MI PARANAKENG 2
Pokok masalah penelitian ini adalah peranan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik dan
penguasaan konsep akidah akhlak di MI Paranakeng 2. Pokok masalah tersebut
selanjutnya dipetakan ke dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan penelitian,
yaitu: Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw
dalam pembelajaran akidah akhlak MI Panarakeng 2? Bagaimana penerapan
model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa di MI Panarakeng 2? Bagaimana penerapan
model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw dalam penguasaan konsep
akidah akhlak di MI Panarakeng 2?
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan pendekatan penelitian
yang digunakan adalah pendekatan pedagogik. Populasi yang akan diteliti adalah
MI Paranakeng 2, dalam hal ini menjadi populasi sampling, sedangkan yang
menjadi populasi sasarannya adalah guru berjumlah 9 dan siswa yang berjumlah
97, Semester dua Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan peneliti adalah Probability Sampling yaitu sampel jenuh, dimana
semua anggota populasi dijadikan sampel, yakni berjumlah 18 siswa, yang
merupakan kelas V, dan guru yang menjadi sampel adalah 1 orang. Selanjutnya
metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi,
angket, dan dokumentasi. Kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan
melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw diterapkan dengan baik selama empat pertemuan dan secara
bertahap bisa membentuk kemampuan berpikir kritis siswa serta bisa menguasai
konsep akidah akhlak dengan lebih mudah. model pembelajaran jigsaw bisa
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena Nilai t hitung> t tabel
(5,993> 2,131) dan signifikansi< 0.05 (0,013 < 0,05), maka Ho ditolak, jadi dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Model jigsaw secara signifikan bisa
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan penguasaan konsep akidah akhlak di
MI Paranakeng 2, di mana peneliti menemukan bahwa model pembelajaran jigsaw
bisa meningkatkan penguasaan konsep akidah akhlak MI Paranakeng 2.
Kata Kunci: Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kritis, Akidah Akhlak.
Tidak tersedia versi lain