Text
TESIS: ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MI RADHIATUL ADAWIYAH MAKASSAR
Penelitian ini membahas masalah: Bagaimana kualitas butir soal ujian
akhir semester mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Radhiatul Adawiyah
Makassar dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda,
dan efektivitas pengecoh?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 25
lembar jawaban ujian akhir semester mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik
kelas Va dan Vb. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi.
Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada
proses pengolahan atau perhitungan data dalam analisis statistik deskriptif ini
dilakukan dengan menggunakan program aplikasi Anates versi 4.09 dan bantuan
Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 butir soal: 1) Berdasarkan
validitas diperoleh soal yang valid 10 butir (67%) dan yang tidak valid 5 butir
(33%). 2) Berdasarkan reliabilitas diperoleh soal dengan reliabilitas tinggi (0,78)
10 butir dan soal dengan reliabilitas sangat tinggi (0,87) 5 butir. 3) Berdasarkan
tingkat kesukaran diperoleh soal kategori mudah 9 butir (60%), kategori sedang 6
butir (40%), dan tidak ada butir soal dengan kategori sukar. 4) Berdasarkan daya
pembeda diperoleh soal kategori jelek 2 butir (13%), soal kategori cukup 2 butir
(13%), soal kategori baik 9 butir (61%), soal kategori baik sekali 2 butir (13%).
(5) Berdasarkan efektivitas pengecoh diperoleh soal kategori sangat baik 2 butir
(20%), soal kategori baik 2 butir (20%), soal kategori kurang baik 4 butir (40%),
soal kategori buruk 2 butir (20%). Tindak lanjut berdasarkan kualitas butir soal
diperoleh soal dengan kualitas sangat baik 4 butir (27%) dimasukkan ke dalam
bank soal, soal dengan kualitas baik 4 butir (27%) dan soal dengan kualitas
sedang 3 butir (20%) perlu direvisi, soal dengan kualitas tidak baik 2 butir (13%)
dan soal dengan kualitas sangat tidak baik 2 butir (13%) perlu diganti dengan
membuat soal baru.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Setelah melaksanakan ujian akhir
semester sebaiknya butir soal tersebut ditindaklanjuti dan dianalisis dari segi
validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh
agar dapat diketahui kualitas butir soalnya sehingga dapat digunakan untuk
perbaikan dan pembuatan soal tes berikutnya. 2) Guru Akidah Akhlak harus
memberikan perhatian dan rutin menganalisis butir soal yang telah disusun,
karena setelah dianalisis terdapat butir soal yang tidak berkualitas. 3) Diharapkan
guru mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan untuk menganalisis butir
soal.
Tidak tersedia versi lain