Text
TESIS: KINERJA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs.SWASTA BUSAK KABUPATEN BUOL
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menjelaskan kinerja guru Akidah
akhlak dalam pembinaan karakter peserta didik di MTs Swasta Kabupaten Buol.
2). Untuk memetakan bentuk pembinaan karakter peserta didik di MTs Swasta
Busak Kabupaten Buol dan 3). Untuk menentukan faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam pembinaan karakter peserta didik di MTs Swasta Kabupaten
Buol. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan pedagogis. Adapun sumber data penelitian ini
adalah Kepala Madrasah, wakamad, guru Akidah Akhlak, dan guru PAI lainya
serta pembina ekstrakurikuler. Selanjutnya metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran reverensi.
Lalu tehnik pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan
yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
pengujian keabsahan data dilakukan secara trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kinerja guru Akidah
Akhlak di MTs Swasta Busak Kabupaten Buol sudah cukup baik dalam
kinerjanya tetapi, pembinaan karakternya yang masih kurang baik dan belum
maksimal. Bentuk pembinaan karakter peserta didik di MTs Swasta Busak
Kabupaten Buol, dilakukan melalui metode pembiasaan yaitu: 1). Kegiatan rutin,
2). Kegiatan spontan, dan 3). kegiatan keteladanan, serta 4). Kegiatan
ekstrakurikuler. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pembinaan
karakter peserta didik di MTs Swasta Busak Kabupaten Buol adalah: 1).
Komitmen pelaksanaan tata tertib Madrasah secara tegas, 2). Alokasi waktu, dan
sebagainya. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pembinaan
karakter peserta didik yaitu: terdiri dua faktor, 1). faktor eksternal adalah
kurang dilibatkannya guru dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan, kemudian
2). faktor internalnya adalah Kurangnya kerja sama guru dengan, orang tua wali
Masyarakat dan lingkungan Madrasah.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1). Dapat memberikan pengaruh yang
siginfikan, jika kesiapan guru Akidah Akhlak dalam membina karakter peserta
didik dapat diaplikasikan dengan baik sesuai di lapangan, maka dapat
menentukan kesuksesan pada pembelajaran. 2). Akan terjadi proses pembinaan
karakter peserta didik yang efektif, jika guru Akidah akhlak melakukan
keterampilan pengelolaan baik kelas, maupun peserta didik, begitu juga dengan
menggunakan metode bervariasi sesuai dengan karakteristik melalui pembinaan
karakter. 3) Dapat memberikan perubahan yang berarti, jika kepala Madrasah dan
unsur terkait, selalu melakukan pengembangan kualitas guru khususnya guru
Akidah Akhlak melalui pembinaan dan pelatihan serta revaluasi dan kegiatan
yang telah diaksanakan
Tidak tersedia versi lain