Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI:PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HYPNOHAPPY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 BARRU

FITRIWATI SYAMSUDDIN - Nama Orang;

Pokok masalah yang dibahas adalah “bagaimana pengembangan model
pembelajaran berbasis neurosains pada mata pelajaran biologi di MAN 2 Barru”.
Rumusan masalah penelitian yaitu (1) bagaimana langkah-langkah pengembangan
model pembelajaran hypnohappy pada mata pelajaran biologi, (2) Bagaimana
tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran hypnohappy
pada mata pelajaran biologi di MAN 2 Barru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model pengembangan four D yang terdiri atas empat tahap yaitu pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran
(disseminate). Model pembelajaran yang dikembangkan adalah model
pembelajaran yang berbasis neurosains yaitu model hypnohappy. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan berupa buku model, buku penggalan silabus
dan RPP, buku guru, buku siswa dan LKPD. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah: (1) Lembar Kuisioner Respon Guru Terhadap Pembelajaran
Biologi saat ini, (2) Lembar Kuisioner Respon Siswa Terhadap Pelaksanaan
Model Pembelajaran Biologi saat ini, (3) Lembar Instrumen Tes Modalitas VAK,
(4) Lembar Observasi Pengamatan Soft Skill, (5) Lembar Penilaian Buku Model
Hypnohappy, (6) Lembar Penilaian Silabus, RPP, dan LKPD Model Hypnohappy,
(7) Lembar Penilaian Buku Guru Model Hypnohappy, (8) Lembar Penilaian Buku
Siswa Model Hypnohappy, (9) Lembar Penilaian LKPD Model Hypnohappy, (10)
Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran (Aktivitas Guru) dengan Model
Hypnohappy, (11) Lembar Observasi Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran
pada Model Hypnohappy, (12) Lembar Angket Respon Guru Terhadap Model
Hypnohappy, (13) Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran (Aktivitas
siswa) dengan Model Hypnohappy, (14) Lembar Angket Respon Siswa Terhadap
Model Hypnohappy, (15) Lembar Pre Tes dan Post Tes pada Tes Hasil Belajar.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hasil validitas untuk buku
model sebesar 3.90 dan termasuk kategori valid dengan nilai R= 0.9583
(reliabilitas tinggi); untuk buku penggalan silabus sebesar 3.6166 dan termasuk
kategori valid dengan nilai R= 0.9583 (reliabilitas tinggi); untuk buku guru
sebesar 4.08 dan termasuk kategori sangat valid dengan nilai R= 0.9939
(reliabilitas tinggi); untuk buku siswa sebesar 3.70 dan termasuk kategori valid
dengan nilai R= 0.9708 (reliabilitas tinggi); untuk LKPD sebesar 3.67 dan
termasuk kategori valid dengan nilai R= 0.9573 (reliabilitas tinggi). Kepraktisan
bahan ajar dianalisis berdasarkan (1) lembar observasi keterlaksanaan model
pembelajaran, (2) lembar observasi kemampuan guru melaksanakan model
pembelajaran, (3) lembar angket respon guru terhadap model dan perangkat pembelajaran hypnohappy, (4) lembar angket respon siswa terhadap model dan
perangkat pembelajaran hypnohappy. Berdasarkan lembar observasi
keterlaksanaan model pembelajaran diperoleh hasil 3,57 yang berarti bahwa
sintaks dalam model pembelajaran hypnohappy dapat terlaksana seluruhnya;
berdasarkan lembar observasi kemampuan guru melaksanakan model
pembelajaran diperoleh hasil 3,32 yang berarti terlaksana seluruhnya dan berada
pada kategori baik; berdasarkan lembar angket respon guru terhadap model dan
perangkat pembelajaran diperoleh hasil 3,56 yang berarti bahwa respon guru
terhadap model dan perangkat pembelajaran hypnohappy adalah mudah
diterapkan; berdasarkan lembar angket respon siswa terhadap model dan
perangkat pembelajaran hypnohappy diperoleh hasil 3,65 yang berarti respon
siswa terhadap model dan perangkat pembelajaran hypnohappy adalah mudah
dipahami. Keefektifan model pembelajaran dianalisis berdasarkan tes hasil belajar
dan lembar pengamatan soft skill siswa. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh
hasil 30,50 untuk kelompok eksperimen dan 10,50 untuk kelompok kontrol yang
berarti bahwa model hypnohappy efektif meningkatkan hasil belajar siswa;
berdasarkan pengamatan soft skill siswa diperoleh nilai 27,10 untuk kelompok
eksperimen dan 13,90 untuk kelompok kontrol yang berarti bahwa model
hypnohappy efektif meningkatkan soft skill siswa. Dengan demikian perangkat
pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, efektif dan
praktis.
Secara teoritis penelitian ini berimplikasi pada penelitian selanjutnya
untuk menelaah lebih dalam dan luas, dan untuk praktisi menjadi bahan
memperbaiki kinerjanya sehingga pembelajaran biologi lebih efektif dan efesien.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 371.3
80100319044
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?