Text
TESIS: PENGARUH ISLAMIC MARKETING MIX PT. PEGADAIAN DALAM MENINGKATKAN NIAT BERUTANG DAN KEPUTUSAN GADAI
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui marketing mix berpengaruh
terhadap niat berutang di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar, (2)
mengetahui Islamic marketing mix berpengaruh terhadap keputusan gadai di
Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar (3) niat berutang mempengaruhi
keputusan gadai pada nasabah Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar (4)
menganalisis hubungan antara Islamic marketing mix mempegaruhi keputusan
gadai melalui niat berutang di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan bersifat analisis dekskriptif, penelitian yang memberikan gambaran
terhadap objek yang diteliti melalui data/sampel, populasi dan sampel yaitu
nasabah. Sumber data primer yaitu 200 nasabah. Instrumen penelitian yaitu
observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan
data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik statistisk
deskriftif kuantitatif melalui program structural Equation Modelling (SEM) dengan
menggunakan software Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Islamic marketing mix berpengaruh
positif dan signifikan terhadap niat berutang di Pegadaian Syariah Cabang Sentral
Makassar. Islamic marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan gadai di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar. niat berutang
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan gadai di Pegadaian Syariah
Cabang Sentral Makassar. Berdasarkan pada hasil bahw Islamic marketing mix
melalui niat berutang terhadap keputusan gadai berpengaruh positif dan signifikan
di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar. Dengan demikian hipotesis
diterima.
Implikasi penelitian ini yaitu Kepada pimpinan pegadaian perlunya
memperhatikan keberadaan tempat yang lebih luas dan untuk memasarkan produk
tersebut, karyawan yang handal di bidang pemasaran dan proses pelayanan yang
efektif untuk meningkatkan pengembangan dalam memilih pegadaian sebagai
alternatif yang mudah untuk mengatasi masalah dengan keputusan gadai.
Tidak tersedia versi lain