Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN
PESERTA DIDIK DI MAN 1 MAKASSAR
Penanda Bagikan

Text

TESIS: STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MAN 1 MAKASSAR

MUH.RAHMAT AL HIDAYAT - Nama Orang;

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk, (1) mendeskripsikan gambaran
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di MAN 1 Makassar, (2)
mendeskripsikan strategi pembelajaran guru al-Qur’an hadis dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di MAN 1 Makassar, (3)
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi
pembelajaran guru al-Qur’an hadis.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemerikasaan
keabsahan data mengunakan metode triangulasi
Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Kemampuan membaca al-Qur’an
peserta didik di MAN 1 Makassar memang terbilang agak rendah. Masih banyak
peserta didik yang kesulitan membaca al-Qur’an, terbata-bata dalam membaca alQur’an dan masih keliru dalam penyebutan hurufnya ataupun dalam hukumhukum bacaannya. (2) Strategi yang guru gunakan dalam usaha peningkatakan
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik yakni guru mengadakan pelajaran
tambahan diluar jam sekolah, dimulai jam 2 sampai jam 3 sore. Metode yang
digunakan dalam belajar tambahan ini yaitu, metode iqro, metode wafa, dan
metode pembiasaan. Metode wafa sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu baca tiru
dan baca simak. Adapun Hasil belajar al-Qur’an peserta didik selama mengikuti
pembelajaran dengan berbagai metode terbilang cukup baik. Peserta didik
menunjukkan ada perkembangan terhadap bacaan al-Qur’annya, yang sebelumnya
kurang baik dan setelah mengikuti belajar tambahan bacaan al-Qur’annya sudah
cukup baik. (3) faktor pendukung dalam penerapan strategi ini adalah gurunya
yang memiliki kompetensi yang baik dan sarana prasarana yang memadai.
Sedangkan yang menjadi penghambat adalah alokasi waktu yang kurang,
kurangnya motivasi peserta didik, dan ekonomi peserta didik yang terbilang
rendah.
Adapun berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan
sebagai guru kita tetap harus semangat dalam mendidik. Guru tidak boleh
menyerah dan tidak boleh jatuh semangat dalam menghadapi berbagai masalah,
karena gurulah pilar dalam sebuah pendidikan. Seorang guru haruslah berusaha
memaksimalkan pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Kata Kunci: Kemampuan Peserta Didik, Strategi Guru Al-Qur’an Hadis


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
80200220018
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?