Text
TESIS: EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TALAQQI DAN METODE TIKRĀR TERHADAP KEMAMPUAN HAFALAN SURAH-SURAH PENDEK SANTRI TK/TPA NURUL FALAH PADA ANAK USIA DINI DI MANYAMPA DESA BONTOALA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA
Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui Bagaimana penerapan
metode talaqqi santri TK/TPA Nurul Falah Manyampa Desa Bontoala Kec.
Pallangga Kab. Gowa: 2) Untuk mengetahui Bagaimana penerapan metode tikrār
santri TK/TPA Nurul Falah Manyampa Desa Bontoala Kec. Pallangga Kab. Gowa:
3) Untuk mengetahui Apakah metode talaqqi efektif untuk meningkatkan hafalan
surah-surah pendek santri TK./TPA Nurul Falah Manyampa Desa Bontoala Kec.
Pallangga Kab. Gowa: 4) Untuk mengetahui Apakah metode tikrār efektif untuk
meningkatkan hafalan surah-surah pendek santri TK/TPA Nurul Falah Manyampa
Desa Bontoala Kec. Pallangga Kab. Gowa: 5) Untuk mengetahui Bagaimana
Efektifitas metode talaqqi dan metode tikrār secara bersama-sama terhadap hafalan
surah-surah pendek santri TK/TPA Nurul Falah
Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan menggunakan
pendekatan metodologi yakni kuantitatif dan desain penelitian menggunakan oneshoot case study. Sample dalam penelitian ini berjumlah 24 orang yang diperoleh
menggunakan probability sampling, untuk mengumpulkan data menggunakan
instrumen tes dan observasi yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan
inferensial.
Hasil penelitian dari pengujian hipotesis statistik diperoleh hasil analisis
thitung = 4,581 > ttabel = 1,782 dengan taraf nyata = 0,05 dan sehingga thitung
berada pada daerah penolakan H0, yang berarti hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1
diterima. Selain itu, dapat dilihat pada tabel nilai sig. = 0,001 < 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hafalan santri TK/TPA
Nurul Falah setelah menggunakan metode talaqqi dan metode tikrar.
Implikasi penelitian ini adalah 1) Dalam melaksanakan pembelajaran maka
peran orang tua sangatlah penting di dalam mendampingi putra putrinya saat
dirumah untuk lebih memerhatikan hafalan santri. 2.)Bagi para penentu kebijakan
dalam bidang pendidikan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
pertimbangan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di TK/TPA Nurul Falah
Manyampa. 3)Jika ingin melakukan penelitian yang serupa hendaknya menggunakan
metode penelitian yang berbeda, serta lakukan penelitian terkait dengan faktor-faktor
lain yang memengaruhi variabel. Adapun dengan selesainya tesis ini penulis
berharap semoga dapat menjadi sumbangan pemikiran dan dapat dijadikan sebagai
bahan rujukan bagi peneliti yang melakukan penelitian yang serupa.
Tidak tersedia versi lain