Text
DISERTASI: ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR): DITINJAU DARI ASPEK CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS PERUSAHAAN DAN MEDIA EXPOSURE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX-70
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh
langsung dan pengaruh tidak langsung faktor-faktor determinan yaitu corporate
governance, profitabilitas, likuiditas dan media exposure terhadap nilai perusahaan
melalui Islamic Corporate Social Responsibility.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder.
Metode analisis yang digunakan adalah Struktural Equation Modeling (SEM) AMOS
dengan sampel 210 perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index-70 di Bursa
Efek Indonesia selama tiga tahun dari 2018 sampai dengan 2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung corporate governance
yang diproksi dengan kepemilikan saham publik tidak signifikan berpengaruh terhadap
Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) dan nilai perusahaan yang diproksi
dengan Tobin Q. Demikian pula hubungan corporate governance secara tidak langsung
juga tidak signifikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui I-CSR. Dalam
penelitian ini juga ditemukan bahwa profitabilitas perusahaan yang diproksi dengan
rasio Return on Assets (ROA) secara langsung berpengaruh signifikan terhadap I-CSR
namun tidak signifikan berpengaruh pada nilai perusahaan. Akan tetapi hubungan
profitabilitas secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan
melalui I-CSR. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa likuiditas perusahaan yang
diproksi dengan current ratio secara langsung tidak signifikan berpengaruh terhadap ICSR namun berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Akan tetapi hubungan
likuiditas secara tidak langsung tidak signifikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan
melalui I-CSR. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa media exposure secara
langsung berpengaruh signifikan terhadap I-CSR namun tidak signifikan berpengaruh
terhadap nilai perusahaan. Akan tetapi hubungan media exposure secara tidak langsung
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui I-CSR. Selanjutnya dalam
penelitian ini ditemukan hubungan pengaruh positif signifikan antara I-CSR terhadap
nilai perusahaan secara langsung.
Penelitian ini berimplikasi pada pembuktian implementasi Shariah Enterprise
Theory di Indonesia yang mengakui adanya pertanggungjawaban tidak hanya kepada
pemilik perusahaan saja melainkan kepada stakeholder yang lebih luas yaitu; Allah,
manusia, dan alam. Penerapan teori ini dapat menaikkan nilai perusahaan karena
tingkat kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat terhadap perusahaan.
Kata kunci: Islamic Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Likuiditas, Media
Exposure Dan Nilai Perusahaan.
Tidak tersedia versi lain