Text
TESIS: MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs DDI KALUPPANG
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengadaan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs DDI Kaluppang; 2) Mendeskripsikan pembinaan/pengembangan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs DDI Kaluppang; 3) Mendeskripsikan Evaluasi/penilaian tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs DDI Kaluppang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah DDI Kaluppang Kabupaten Pinrang. Adapun sumber data penelitian diperoleh langsung dari Kepala, wakil dan tenaga pendidik di MTs DDI Kaluppang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengadaan tenaga pendidik yang dilakukan/dibuat Kepala MTs DDI Kaluppang yaitu mengidentifikasi atau menganalisis terlebih dahulu bentuk pekerjaan, tugas, dan jabatan yang sangat urgent dibutuhkan. Kemudian mengumumkan kepada personil sekolah perihal kebutuhan tenaga pendidik yang selanjutnya dilakukan proses rekrutmen dan penempatan tenaga pendidik. Pada tahap ini masih terdapat proses pengadaan yang tidak sesuai dengan tahapan dalam pengadaan tenaga pendidik seperti proses pengangkatan dan penempatan yang belum sesuai dengan kualifikasi latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diajarkan. 2) Pembinaan/pengembangan tenaga pendidik di MTs DDI Kaluppang melalui proses perbaikan prestasi tenaga pendidik seperti pelatihan-pelatihan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah agar kompetensi tenaga pendidik senantiasa ditingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman. 3) Penailaian/evaluasi Tenaga pendidik di MTs DDI Kaluppang dilakukan untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik bukan semata-mata untuk mencari kesalah yang ada pada diri guru saat melaksanakan proses belajar mengajar atau diluar kelas Pada saat menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP), Silabus, serta instrumen pendukung lainnya yang digunakan dalam mendukung pembelajaran di kelas. Penilaian/evaluasi yang dilakukan terhadap guru terutama pada tenaga
Tidak tersedia versi lain