Text
Tesis : PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDIT KHALIFAH MAKASSAR
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran daring berbasis WhatsApp mata pelajaran pendidikan Agama Islam
peserta didik kelas V SDIT Khalifah Makassar. (2) Untuk mengetahui minat
belajar mata pelajaran pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V SDIT
Khalifah Makassar. (3) Untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik mata
pelajaran pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V SDIT Khalifah
Makassar. (4) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring berbasis
WhatsApp terhadap tingkat pemahaman peserta didik mata pelajaran pendidikan
Agama Islam kelas V SDIT Khalifah Makassar. (5) Untuk mengetahui adakah
pengaruh minat belajar terhadap tingkat pemahaman peserta didik mata pelajaran
pendidikan Agama Islam kelas V SDIT Khalifah Makassar. (6) Untuk mengetahui
adakah pengaruh pembelajaran daring berbasis WhatsApp dan minat belajar secara
bersama-sama terhadap tingkat pemahaman peserta didik mata pelajaran
pendidikan Agama Islam kelas V SDIT Khalifah Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Data dikumpulkan
menggunakan instrument angket dan dokumentasi, data diolah menggunakan
apliaksi SPSS 22 for windows. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas V SDIT Khalifah Makassar yang berjumlah 33 orang dengan sampel
sebanyak 33 orang yang seluruhnya diambil dari populasi. Metode pengumpulan
data yang digunakan oleh peneliti adalah angket dan dokumentasi, Tekhnik
analsisdata diolah dengan uji analsis (ANOVA) satu arah, dan uji t.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran daring berbasis whatsapp
SDIT Khalifah Makassar berada pada kategori baik. (2) Minat belajar pendidikan
Agama Islam peserta didik kelas V SDIT Khalifah Makassar berada dalam
kategori tinggi. (3) Tingkat pemahaman peserta didik pendidikan Agama Islam
SDIT khalifah Makassar berada dalam kategori baik. (4) Pembelajaran daring
berbasis whatsapp berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman peserta didik
kelas V mata pelajaran pendidikan Agama Islam SDIT Khalifah Makassar. Hal
tersebut dapat dilihat dari nilai R square adalah 0,709 atau 70,9%. (5) Minat
belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman peserta didik kelas V
mata pelajaran pendidikan Agama Islam SDIT Khalifah Makassar. Hal tersebut
dapat dilihat dari nilai R square adalah 0,803 atau 80,3%. (6) Pembelajaran daring
berbasis whatsapp dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap
tingkat pemahahaman peserta didik kelas V mata pelajaran pendidikan Agama
Islam SDIT Khalifah Makassar. Nilai ini mengandung arti bahwa variabel
pembelajaran daring berbasis whatsapp dan minat belajar berpengaruh signifikan
secara bersama-sama terhadap tingkat pemahaman peserta didik.
Tidak tersedia versi lain