Text
Tesis: NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA AYAT-AYAT TASYBĪH DAN MAJĀZ MURSAL DALAM QS AL-BAQARAH (ANALISIS ILMU BAYĀN)
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan pada ayat- ayat tasybīh dalam QS al-Baqarah. (2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan pada ayat-ayat majāż mursal dalam QS al-Baqarah.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Peneliti mengumpulkan data yang merujuk kepada al-Qur’an dan buku-buku terkait ilmu Balāgah. Kemudian didukung oleh data dari literatur yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Data tersebut dikumpulkan dan diklasifikasikan menurut kelompoknya. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskripsi analisis dimana peneliti mendeskripsikan dan menganalisis ilmu bayān yang di dalamnya terdapat tasybīh dan majāż mursal dan melalui dua kajian ilmu tersebut peneliti menggunakannya sebagai pisau bedah untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam QS al-Baqarah.
Hasil penelitian ini: (1) Nilai-nilai pendidikan pada aya-ayat tasybīh yang terdapat dalam surah al-Baqarah adalah sebagai berikut: pada ayat 17 (keimanan), pada ayat 18 (keimanan dan hidayah), pada ayat 19 (keimanan), pada ayat 22 (kesyukuran), pada ayat 25 (keimanan dan perbuatan baik), pada ayat 74 (keimanan), pada ayat 146 (hidayah), pada ayat 165 (keimanan dan berpikir kritis), pada ayat 171 (keimanan dan hidayah), pada ayat 183 (ketaatan), pada ayat 200 (kemandirian), pada ayat 219 (ketaatan), pada ayat 222 (menjaga kebersihan), pada ayat 245 (keikhlasan dan motivasi bersedekah), pada ayat 261 (keikhlasan dan motivasi bersedekah), pada ayat 264 (keikhlasan dan rendah hati), pada ayat 265 (keikhlasan dan kedermawanan dalam bersedekah), pada ayat 275 (keimanan dan ketaatan). (2) Nilai-nilai pendidikan pada ayat ayat majāż mursal yang terdapat dalam surah al-Baqarah adalah sebagai berikut: pada ayat 9 (akhlak terpuji), pada ayat 17 dan 19 (keimanan), pada ayat 43 (ketaatan), pada ayat 49 (kesyukuran dan solidaritas), pada ayat 55 (keimanan dan ketaatan), pada ayat 63 (keimanan dan menepati janji), pada ayat 81 (ketaatan), pada ayat 83-84 (menepati janji dan berbuat baik), pada ayat 93 (keimanan dan ketaatan), pada ayat 112 (kesyukuran dan keikhlasan), pada ayat 115 (keimanan), pada ayat 125 (motivasi untuk pergi haji), pada ayat 144 (motivasi untuk pergi haji), pada ayat 174 (keikhlasan dan kesabaran), pada ayat 177 (keimanan, keikhlasan, dan menepati janji), pada ayat 206 (rendah hati), pada ayat 230 (bersikap matang dalam mengambil keputusan), pada ayat 231 (mengutamakan hak-hak perempuan), pada ayat 235 (ketaatan), pada ayat 255 (keimanan dan memasrahkan diri kepada Allah swt).
Adapun implikasi pada penelitian ini adalah sebagai petunjuk bagi orang-orang yang menuntut ilmu dalam mencari nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ayat-ayat yang berbentuk tasybīh (gaya bahasa analogi) dan majāż mursal (gaya bahasa metafora) sebagai pedoman dalam kehidupan agar senantiasa selalu melakukan perbuatan baik
Tidak tersedia versi lain