Text
Tesis: EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MTS AS’ADIYAH BANUA BARU, KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan model
pembelajaran quantum learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran
TPS (think pairs share) pada kelas kontrol, di MTs As’adiyah Banua Baru,
Kabupaten Polewali Mandar. (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi dan
penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik di MTs As’adiyah Banua Baru,
Kabupaten Polewali Mandar, yang diajarkan dengan model pembelajaran
quantum learning. (3) Untuk mengetahui peningkatan motivasi dan penguasaan
kosa kata bahasa Arab peserta didik di MTs As’adiyah Banua Baru, Kabupaten
Polewali Mandar, yang diajarkan dengan model pembelajaran TPS (think pairs
share). (4) Untuk menganalisa perbedaan keefektifan antara penggunaan model
pembelajaran quantum learning dengan model pembelajaran TPS (think pairs
share) ditinjau dari motivasi belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Arab
peserta didik di MTs As’adiyah Banua Baru, Kabupaten Polewali Mandar.
Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Dalam
hal ini, peneliti mengumpulkan data dan menyederhanakan data yang terkumpul,
menyajikannya secara sistematis, dengan menggunakan bantuan aplikasi program
SPSS 22 for windows dalam pengolahan datanya. Jenis pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogik dan psikologis. Adapun populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs As’adiyah Banua Baru,
Kabupaten Polewali Mandar. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah angket, tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji-t sampel bebas (independent sample t-test).
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1)
Keterlaksanaan model pembelajaran quantum learning pada kelas eksperimen
berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata adalah 95,83%,
sedang pada kelas kontrol dengan model pembelajaran TPS (think pairs share)
juga berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata adalah
90,28%. (2) Motivasi belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik
pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran quantum learning mengalami
peningkatan dengan nilai rata-rata motivasi belajar dari 59,68 menjadi 68,27, dan nilai rata-rata penguasaan kosa kata bahasa Arab meningkat dari 42,18 menjadi
81,45. (3) Motivasi belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik
pada kelas kontrol dengan model pembelajaran TPS (think pairs share)
mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata motivasi belajar dari 58,10
menjadi 64,60, dan nilai rata-rata penguasaan kosa kata bahasa Arab meningkat
dari 47,60 menjadi 77,20. (4) Pada Motivasi belajar peseta didik, terdapat
perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran quantum
learning dengan model pembelajaran TPS (think pairs share) dengan nilai
Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05), maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Sedang pada penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik, tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran
quantum learning dengan model pembelajaran TPS (think pairs share) dengan
nilai Sig. (2-tailed) pada equal variances not assumed lebih besar dari 0,05 (0,267
> 0,05), maka Ho diterima dan Ha ditolak.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajaran quantum
learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran TPS (think pairs share)
pada kelas kontrol efektif terhadap motivasi belajar dan penguasaan kosa kata
bahasa Arab peserta didik, hal ini mengindikasikan, bahwa penggunaan model
pembelajaran yang bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan penguasaan
kosakata bahasa Arab peserta didik sehingga pendidik tidak hanya monoton
menerapkan satu model saja di dalam pembelajaran. Pendidik dituntut
menerapkan banyak model (multi method), karena pada hakikatnya penerapan
model pembelajaran yang bervariasi dapat memberikan pengaruh positif terhadap
peningkatan motivasi dan penguasaan kosa kata bahasa Arab, khususnya di MTs
As’adiyah Banua Baru, Kabupaten Polewali Mandar.
Tidak tersedia versi lain