Text
Tesis: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN ETNIS TIONGHOA MENGGUNAKAN JASA BANK SYARIAH (Studi Kasus PT. Bank BTN Syariah Makassar)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan terhadap keputusan nasabah etnis Tionghoa menggunakan jasa bank Syariah; 2) Pengaruh psikologi terhadap keputusan nasabah etnis Tionghoa menggunakan jasa bank Syariah; 3) Pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah etnis Tionghoa menggunakan jasa bank Syariah; 4) Mashlahah dapat memoderasi lingkungan terhadap keputusan nasabah etnis Tionghoa menggunakan jasa bank syariah; 5) Mashlahah dapat memoderasi psikologi terhadap keputusan nasabah etnis Tionghoa menggunakan jasa bank syariah; 6) Mashlahah dapat memoderasi promosi terhadap keputusan nasabah etnis Tionghoa menggunakan jasa bank syariah.
Jenis penelitian yang digunakan field research kuantitatif, dengna pendekatan pilosofis yaitu suatu pendekatan untuk menyajikan data penelitian sesuai dengan prosedur penulisan karya ilmiah. Populasi dalam penlitian ini yaitu etnis Tionghoa yang menggunakan jasa PT. Bank BTN Syariah Makassar sebanyak 72 orang, dan sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang berjumlah 72 orang dengan pertimbangan bahwa populasi yang ada kurang dari 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumendasi untuk mendapatkan data pendukung. Metode analisis data yang digunakan yaitu 1) analisis deskriptif variabel, 2) uji kualitas data melalui uji validasi dan realibilitas, 3) uji asumsi klasik, 4) uji hipotesis melalui uji regresi linear berganda dan regresi linear moderasi atau moderated regression analysis (MRA) dengan memperhatikan koefisien determinan (R2), uji t, dan uji F. Analisis data dilakukan dengan alat bantuan software SPSS versi 25 tahun 2019.
Hasil penelititian menunjukkan bahwa ketiga variabel yang diteliti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah. Dimana nilai adjusted r square sebesar 0,553, hal ini menunjukkan bahwa 55,3% Keputusan etnis Tionghoa dipengaruhi oleh variabel lingkungan, psikologi, dan promosi. Berdasarkan pengujian secara parsial, faktor lingkungan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah dengan tingkat signifikan 0,032 dan 0,000, sedangan faktor psikologi tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah etnis Tionghoa menggunakan jasa bank syariah dengan signifikan 0,0833. Hasil pengujian dengan menggunakan variabel mashlahah sebagai variabel moderasi menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,803 yang berarti mashlahah dapat dijelaskan oleh variabel Zscore: Lingkungan, Zscore: Psikologi, Zscore: Promosi, Zscore: Mashlahah, Xl_M, X2_M, dan X3_M sekitar 80,3%. Secara parsial, variabel mashlahah memoderasi variabel lingkungan dan variabel psikologi dengan signifikan 0,021 dan 0,030, sedangkan variabel promosi tidak dapat dimoderasi oleh variabel mashlahah dengan signifikan 0,949.
Tidak tersedia versi lain