Text
Tesis: PERAN ORANGTUA DAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI LINGKUNGAN SDI 197 SEPEKA JENEPONTO Tesis Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Agama Islam pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Oleh: DINARTI NIM: 80200217033 PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR 2020
Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru dalam
membentuk karakter anak didik berbasis nilai-nilai Islam di SDI 197 Sepeka
Jeneponto? 2) Bagaimana peran orangtua dalam membentuk karakter anak didik
berbasis nilai-nilai Islam di lingkungan SDI 197 Sepeka Jeneponto Jeneponto?
3) Bagaimana koordinasi orangtua dan guru dalam membentuk karakter anak didik
berbasis nilai-nilai Islam di lingkungan SDI 197 Sepeka Jeneponto?
Tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui peran guru dalam
membentuk karakter anak didik berbasis nilai-nilai Islam di SDI 197 Sepeka
Jeneponto? 2) Untuk mengetahui peran keluarga dalam membentuk karakter anak
berbasis nilai-nilai Islam lingkungan Sepeka Jeneponto. 3) Untuk menganalisa
kerjasama keluarga dan guru dalam membentuk karakter anak didik berbasis nilainilai
Islam di lingkungan SDI 197 Sepeka Jeneponto.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan pedagogik, sosiologis dan filosofis. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
1) Peran guru pembentukan karakter di SD INPRES 197 Sepeka Jeneponto belum
maksimal dalam membentuk karakter anak berbasis nilai-nilai islami karena
masih dijumpai anak-anak yang belum disiplin secara maksimal untuk datang
tepat waktu di sekolah, masih ada anak didik yang bahkan tidak masuk sekolah
tanpa keterangan, ada anak didik yang jarang pergi shalat berjamaah dan ada
anak didik yang bersikap kurang baik berdasarkan laporan orangtua. 2) Peran
orangtua dalam membentuk karate anak berbasis islam masih perlu ditingkatkan
dan dievaluasi agar anak bisa diarahkan dan dituntun dengan baik. 3) Koordinasi
antara orangtua dan guru mengalami kendala karena beberapa orangtua yang
jarang mengikuti pertemuan dengan guru di sekolah dengan demikian perlu
adanya edukasi untuk orangtua terkait pentingnya kerjasama antara orangtua dan
guru dalam mendidik anak didik di sekolah maupun di rumah.
Implikasi penelitian ini bahwa 1) Peran guru perlu lagi ditingkatan yaitu
dengan memberikan edukasi kepada orangtua anak didik tentang pentingnya
komunikasi dua arah antara guru dan orangtua anak didik. 2) Peran orangtua perlu dimaksimalkan dengan memberikan informasi dan menghadiri setiap panggilan pihak
sekolah terkait perkembangan anak di sekolah. 3) Koordinasi antara guru dengan
orangtua perlu ditingkatkan agar komunikasi dua arah antara guru dan orangtua
terjalin dengan intens.
Tidak tersedia versi lain