Text
Disertasi: PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI SHARIAH PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Hotel Syariah di Makassar)
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan pengaruh service
quality terhadap customer loyalty melalui shariah perceived value dan customer
satistaction sebagai variabel intervening di hotel Syariah Makassar.
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan pendekatan asosiatif.
Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang
menginap di hotel syariah di Makassar. Selanjutnya metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, kuesioner, dan penelusuran referensi. Lalu, teknik
pengolahan dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis
inferensial dan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif
dan signifikan antara shariah perceived value dan customer satisfaction terhadap
customer loyalty. Namun pengaruh langsung service quality terhadap customer
loyalty tidak ditemukan signifikan. Selanjutnya terdapat pengaruh tidak langsung
secara positif dan signifikan antara service quality terhadap customer satisfaction
dimediasi oleh shariah perceived value, pengaruh service quality terhadap
customer loyalty dimediasi oleh sharia perceived value, pengaruh shariah
perceived value terhadap customer loyalty dimediasi oleh customer satisfaction,
dan pengaruh tidak langsung ditemukan tidak signifikan antara service quality
terhadap customer loyalty dimediasi oleh customer satisfaction.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kualitas layanan dapat memperkuat
nilai Syariah yang dirasakan dan kepuasan pelanggan melalui peningkatan kualitas
layanan yang handal, sikap cepat tanggap, sikap empati, desain interior hotel
sebagai bukti fisik dan jaminan keamanan. 2) Peningkatan nilai-nilai Syariah dalam
manajemen hotel meningkatkan kepuasan dan memperkuat loyalitas pelanggan, 3)
Kepuasan pelanggan memperkuat loyalitas pelanggan melalui kualitas layanan,
nilai-nilai yang dirasakan, kesesuaian harapan, dan kesiapan merekomendasikan
kepada teman dan kerabat.
Tidak tersedia versi lain