Text
Tesis: HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA MADRASAH DENGAN TINGKAT KESEJAHTERAAN GURU MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN DUA BOCCOE KABUPATEN BONE
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kompetensi kewirausahaan kepala Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone; 2) mendeskripsikan tingkat kesejahteraan guru Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone; 3) menguji tingkat korelasi antara kompetensi kewirausahaan kepala madrasah dengan kesejahteraan guru Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan metodologis positivistik-kuantitatif dengan keilmuan sosiologis dan psikologis. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 77 orang guru diambil dari keseluruhan guru yang ada pada Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Data dikumpulkan dengan menyebar angket kepada responden dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif serta uji hipotesis dengan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realitas kompetensi kewirausahaan kepala Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone dilihat dari tiga indikator yaitu kemampuan berinovasi berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 43.13, kemampuan bekerja keras berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 39.91, kemampuan kepala madrasah memberikan motivasi berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 37.40. Sehingga akumulasi dari ketiga indikator tersebut menunjukkan bahwa kompetensi kewirausahaan kepala Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 4. Realitas tingkat kesejahteraan guru Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 42.78. Selanjutnya terdapat korelasi positif antara kompetensi kewirausahaan kepala madrasah dengan kesejahteraan guru Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
Saran dari penelitian ini adalah: 1) Pihak madrasah baik itu kepala madrasah dan guru hendaknya terus berupaya untuk berinovasi, bekerja keras dan saling memberikan motivasi sehingga memberikan efek positif bagi madrasah tak terkecuali keberhasilan pada madrasah; 2) Pihak madrasah terkhusus kepala madrasah hendaknya dapat lebih bekerja keras untuk menciptakan sebuah inovasi-inovasi baru dan lebih memperhatikan semua guru dari segi kesejahteraan.
Tidak tersedia versi lain