Text
Tesis : EKSISTENSI NILAI TAMBAH BERBASIS FALAH DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG MAKAN FLAMBOYAN DI KABUPATEN BONE
Pokok masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana konsep nilai tambah yang berbasis falah dalam mewujudkan kepuasan pelanggan pada Warung Makan Flamboyan di Kabupaten Bone. Selanjutnya dari pokok masalah tersebut maka dirumuskan ke dalam beberapa submasalah atau yang menjadi pertanyaan penelitian, yaitu 1) Bagaimana nilai tambah berbasis falah pada Warung Makan Flamboyan di Kabupaten Bone? 2) Bagaimana kepuasan pelanggan pada Warung Makan Flamboyan di Kabupaten Bone?.
Pada penelitian ini tergolong kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data dari penelitian ini berasal dari data primer yaitu pelanggan, pemilik warung, karyawan dan tokoh agama. Data sekunder dari berbagai sumber yaitu buku, jurnal dan penelitian lainnya. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah berbasis falah memang eksis pada Warung Makan Flamboyan di Kabupaten Bone, dan tergambar dari sisi produk (halalan-thayyiban) serta pelayanan yang thayyib. Eksistensi nilai tambah tersebut kemudian benar adanya dapat mewujudkan kepuasan pelanggan, baik itu kepuasan yang tampak dari produk dan pelayanan secara fisik, maupun kepuasan dari produk dan pelayanan yang dilihat dari emotional factor-nya..
Implikasi pada penelitian ini adalah: 1) Warung Makan Flamboyan diharapkan dapat terdaftar dalam MUI sebagai salah satu tempat makan yang sudah bersertifikat halal. 3) Diharapkan Warung Makan Flamboyan dapat menyediakan fasilitas tambahan yang menurut peneliti sangat penting yaitu tempat salat yang terpisah dengan ruang karyawan, selain itu juga penting untuk menyediakan lahan parkir yang memadai. 4) Diharapkan juga Warung Makan Flamboyan dapat memperjelas fasilitas yang dmiliki seperti kamar kecil agar pelanggan lebih dimudahkan.
Tidak tersedia versi lain