Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Tesis: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM
PEMBINAAN AKHLAK MULIA NARAPIDANA ANAK
DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA)
KELAS II MAROS
Penanda Bagikan

Text

Tesis: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II MAROS

Teguh Harisman - Nama Orang;

Penelitian ini memfokuskan perhatian kepada pelaksanaan program pembinaan akhlak mulia narapidana anak dengan mengimplementasikan konsep pendidikan Islam. Sehingga dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan penelitian atau rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana gambaran kondisi akhlak narapidana anak di LPKA Kelas II Maros?, 2) Bagaimana bentuk implementasi pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak mulia narapidana anak di LPKA Kelas II Maros?, 3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung LPKA Kelas II Maros dalam mengimplementasikan pendidikan Islam untuk pembinaan akhlak mulia narapidana anak di LPKA Kelas II Maros?.
Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang terletak di wilayah kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenemologi. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian setelah melakukan wawancara dan observasi dan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan laporan penelitian, buku-buku, dan literatul yang berkaitan. Peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian ini, sedangkan alat atau sarana elektronika menjadi instrumen pendukung. Dalam pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan pegumpulan data terdiri dari; reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akhlak narapidana anak di LPKA Kelas II Maros ditunjukkan melalui beberapa hal diantaranya: 1) Narapidana anak terbiasa melaksanakan ibadah di Mushallah, 2) Narapidana anak mendapatkan pendidikan dan keterampilan, 3) Narapidana anak menjadi bertanggung jawab dan disiplin, 4) Narapidana anak mampu bersosialisasi di masyarakat. Adapun program pendidikan Islam yang dilaksanakan dalam rangka pembinaan akhlak mulia narapidana anak di LPKA Kelas II Maros antara lain: 1) Pembinaan kepribadian, 2) Pembinaan jasmani, 3) Pembinaan kemampuan intelektual, 4) Pembinaan kesadaran hukum, 5) Pembinaan keterampilan. Kemudian berdasarkaan realitas, terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan Islam dalam rangka pembinaan akhlak mulia narapidana anak, yaitu: 1) keterbatasan sarana prasarana, 2) Keterbatasan sumber daya manusia, 3) Pengaruh budaya di lingkungan tempat tinggal. Selain itu, terdapat pula beberapa faktor yang menjadi pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan Islam dalam pembentukan akhlak mulia narapidana anak di LPKA Kelas II Maros, yaitu: 1) Kepemimpinan Kepala LPKA Kelas II Maros, 2) Teman sesama anak binaan. 3) Pemisahan blok narapidana anak dan narapidana dewasa.
Impikasi dari penelitian ini adalah Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di bawah naungan Kemenkumham yang turut andil dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak yang melakukan tindak pidana harus menyerap berbagai metodologi dengan mengkaji relevansi dinamika di sekolah formal, kondisi keluarga narapidana anak, dan keadaan kemasyarakatan dengan segala perubahannya. Kemudian keberhasilan LPKA kelas II Maros dalam membina akhlak mulia narapidana anak melalui pendidikan Islam tentunya akan memberikan konribusi positif bagi pemerintah kabupaten Maros dalam bidang pendidikan, keummatan, maupun keamanan dan ketertiban masyarakat. Maka, perlu perhatian khusus dari pemerintah terhadap pembinaan anak-anak sebagai generasi masa depan dan aset berharga baik itu kabupaten Maros ataupun Indonesia secara nasional yang sedang menjalani masa pidana di LPKA Kelas II Maros.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
80200218009
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?