Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of disertasi :PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN SIKAP
SPIRITUAL PESERTA DIDIK PASCAGEMPA
(STUDI KASUS PADA 3 SEKOLAH DASAR
NEGERI DI KOTA PALU)
Penanda Bagikan

Text

disertasi :PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK PASCAGEMPA (STUDI KASUS PADA 3 SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA PALU)

naima - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengkaji perencanaan pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik pascagempa pada 3 Sekolah Dasar Negeri di Kota Palu; 2) Mengkaji pelaksanaan pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik pascagempa pada 3 Sekolah Dasar Negeri di Kota Palu; 3) Mengkaji penilaian pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik pascagempa pada 3 Sekolah Dasar Negeri di Kota Palu; 4) Mengkaji hasil pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik pascagempa pada 3 Sekolah Dasar Negeri di Kota Palu; dan 5) Mengkaji faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembenlajaran PAI dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik pascagempa pada 3 Sekolah Dasar Negeri di Kota Palu.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN balaroa, SD Inpres Balaroa dan SD Inpres Perumnas Balaroa dengan pendekatan fenomenologis yang menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena di lapangan serta menggunakan landasan filosofis interdisipliner, yaitu pendekatan pedagogis, sosiologis dan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan Teknik trianggulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik pascagempa, yakni: 1) Perencanaan pembelajaran saat menggunakan tenda, tidak dirancang secara tertulis dalam bentuk RPP, materi disiapkan oleh guru dan relawan. Perencanaan pembelajaran saat menggunakan sekolah transisi sudah mengacu pada kurikulum telah membuat perencanaan secara tertulis (RPP). Perencanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 mengacu pada RPP yang telah dirancang sebelum terjadi covid-19, hanya metode berubah dan materi dipadatkan. 2) Pelaksanaan pembelajaran saat menggunakan tenda berlangsung selama kurang lebih 6 bulan fokus pada kegiatan religi, semua guru memberi materi agama dan melakukan kegiatan-kegiatan berupa zikir bersama, membaca asmaul husna, menghafal surat-surat pendek, menghafal do’a sehari-hari, praktek ibadah, berdongeng, berceritra, bermain game, bernyanyi. Dengan cara ini, peserta didik cepat pulih dari rasa trauma dan semakin taat menjalankan ibadah.
Setelah menggunakan sekolah transisi sudah kembali belajar normal guru mengajar mengacu pada materi pelajaran yang telah direncanakan akan tetapi masih diawali dengan kegiatan religi pada pagi hari. Pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid 19 yakni pemberian tugas, memberikan modul, dan tatap muka pada sentra-sentra belajar. 3) Penilaian pembelajaran masa darurat bencana tidak dilakukan, masa sekolah transisi menggunakan teknik penilaian observasi, masa pandemi covid-19 menilai tugas-tugas peserta didik, merujuk pada nilai sebelumnya, dan melakukan penilaian observasi pada sentra belajar. 4) Hasil pelaksanaan pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap spiritual peserta didik yakni terjadi perubahan prilaku beragama yang implikasinya tampak pada perubahan sikap spiritual peserta didik. 5) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran PAI adanya bantuan relawan, kerja sama antarguru, dukungan dari pemerintah, penambahan jam pelajaran PAI. Adapun faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI adalah masih ada peserta didik kadang merasakan trauma, sarana dan prasarana (fasilitas) tidak memadai dan faktor guru.
Implikasi penelitian ini adalah: perlu melakukan simulasi bencana kepada peserta didik, yakni memberi pemahaman kepada peserta didik mengenai jenis dan penyebab bencana gempa bumi, serta hal-hal yang dilakukan pada kondisi sebelum terjadinya bencana, saat terjadinya bencana dan pasca bencana untuk mengurangi resiko bencana terhadap peserta didik.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
80100318031
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?