Text
Tesis: PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MADRASATUL QUR’AN HASYIM ASY’ARI TANETEA BANTAENG
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana pengelolaan
program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Hasyim
Asy’ari Tanetea Bantaeng. (2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor
penghambat pengelolaan program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren
Madrasatul Qur’an Hasyim Asy’ari Tanetea Bantaeng. (3) Mengetahui hasil
pengelolaan program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an
Hasyim Asy’ari Tanetea Bantaeng.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan
teologis-normatif, pedagogis, psikologis, sosiologis, dan penedekatan manejerial.
Sumber data penelitian adalah Pimpinan Pondok Pesantren, Pembina Tahfidz
Utama, Murabbi, Wakil Sekertaris, Santri, Orang tua santri, Tokoh Agama,
Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat. Data dikumpulkan menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan penelusuran referensi, selanjutnya
data diolah dan dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan program tahfidz al-
Qur’an di Pondok Pesantren Madrastul Qur’an Hasyim Asy’ari Tanetea
Bantaeng telah terlaksana, hanya pelaksanaanya tidak berjalan sesuai prinsipprinsip
pengelolaan. (2) Faktor pendukung adalah murabbi yang kompeten, orang
tua santri, usia santri antara 13-18 tahun, kecerdasan, dan motivasi santri.
Sedangkan faktor penghambat adalah kekurangan murabbi, niat santri bukan
karena Allah, santri yang malas, santri yang tidak sabar, santri yang sering sakit,
dan santri yang kurang rasa percaya diri. (3) Hasil pengelolaan program dari segi
kualitas bacaan santri sudah sesuai dengan harapan program, namun dari segi
jumlah juz hafalan santri, belum sesuai harapan hanya 0,1-0,2% santri yang
khatam al-Qur’an (hafal 30 juz) setiap tahun .
Implikasi dari penelitian ini adalah: Pengelolaan program tahfidz al-
Qur’an di pondok pesantren Madrasatul Qur’an Hasyim Asy’ari, perlu
dilaksanakan secara profesional sesuai prinsip pengelolaan, semua unsur
pendidikan yang ada dalam lembaga harus bersinergi dalam menjalankan
program. Program yang telah direncanakan harus dilaksanakan secara konsisten,
sehingga hasil pengelolaan program tidak hanya berhasil dalam hal kualitas
bacaan santri, akan tetapi secara kuantitas jumlah juz hafalan alumni dapat pula
ditingkatkan.
Tidak tersedia versi lain