Text
Tesis: HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMPN 2 LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP
Penelitian jenis kuantitatif ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimana penggunaan media pembelajaran di MTSN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep, 2) bagaimana hasil belajar PAI pada peserta didik di MTSN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep, 3) apakah penggunaan media pembelajaran berhubungan positif yang signifikan dengan hasil belajar PAI pada peserta didik di MTSN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep.
Penelitian ini dilakukan pada populasi sebesar 489 orang yang disampel sebesar 98 orang peserta didik dengan teknik proportionate stratifield random sampling sebagai responden, dan menggunakan angket, dan format dokumentasi sebagai instrumen penelitian untuk memperoleh data yang diolah dan dianalisis dengan teknik statistik, baik statistik deskriptif maupun statistik inferensial.
Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa 1) Penggunaan media pembelajaran di SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep berkategori tinggi sebesar 75,12%. berada pada interval 74-81 ang berada pada frekuensi 11 dengan kategori tinggi, 2) Hasil belajar PAI pada peserta didik di SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep berkategori tinggi sebesar 85% .berada pada interval 83-85 dan berada pada frekuensi 15 dengan kategori memuaskan, 3) Penggunaan media pembelajaran berhubungan sedang sebesar 0.405 dan signifikan sebesar 2.616 dengan hasil belajar peserta didik di di SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep.
Implikasi penelitian adalah 1) Media Pembelajaran menurut teori yang dikaji pada dasarnya dapat diterapkan di SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep, karena hasilnya berkategori tinggi.2).Hasil belajar sebagaimana yang dicapai oleh peserta didik di SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep sekurang-kurangnya dapat dipertahankan, dan ditingkatkan lagi.3). Hasil belajar peserta didik di SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran menurut teori yang sudah ada, karena hasilnya berhubungan positif dan signifikan.
Tidak tersedia versi lain