Text
TESIS: PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH NURUL AS’ADIYAH CALLACCU SENGKANG KABUPATEN WAJO
Tesis ini mengkaji tentang penerapan pendidikan Islam berbasis multikultural di
Madrasah Aliyah Nurul As’adiyah Callaccu Sengkang Kabupaten Wajo. Permasalahan
pokok yang dibahas di dalam tesis ini meliputi penerapan pendidikan Islam brbasis
multikultural di Madrasah Aliyah Nurul As’adiyah Callaccu, Bentuk penerapan pendidikan
Islam berbasis multikultural di Madrasah Aliyah Nurul As’adiyah Callaccu, dan faktor
pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan Islam berbasis multikultural di
Madrasah Aliyah Nurul As’adiyah Callaccu.
Jenis penelitian tersebut adalah deskriptif kualitatif, yakni peneliti melakukan
eksplorasi data yang ditemukan terkait dengan objek penelitian, kemudian data tersebut
dianalisis untuk menjawab pokok masalah dalam penelitian ini. Karena itu, diperlukan
metode pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penerapan pendidikan Islam berbasis
multikultural menunjukkan sikap serta memberikan pengakuan yang jelas akan perbedaan
paham, suku, ras dan etnis di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi siswa, sehingga
tertanam sikap saling menghargai dan toleransi antar sesama siswa. Penerapan pendidikan
Islam berbasis multikultural di Madrasah Aliyah Nurul As’adiyah Callaccu dapat dilihat
dari beberapa instrumen yaitu: bahan ajar yang digunakan, kegiatan yang dilakukan oleh
peserta didik, dan metode yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran di
dalam kelas.
Implikasi penelitian ini adalah, 1) Kepada para praktisi pendidikan khususnya
pendidikan Islam untuk merumuskan sebuah formulasi dengan memasukkan nilai-nilai
multikultural. 2) Kepada pendidik Madrasah Aliyah Nurul As’adiyah Callaccu untuk terus
meningkatkan kapasitas diri di dalam memahami nilai-nilai multikultural yang akan
ditanamkan kepada para siswa. Demikian pula pengelolaan pembelajaran agar terus
menciptakan desain pembelajaran yang berbasis multikultural.
Tidak tersedia versi lain