Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: IMPLEMENTASI LITERASI AL-QUR’AN
DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK
PADA SMA/SMK DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Penanda Bagikan

Text

TESIS: IMPLEMENTASI LITERASI AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK PADA SMA/SMK DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

UMMUL HIDAYATULLAH SYARIFUDDIN - Nama Orang;

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi literasi
al-Qur’an dalam pembinaan karakter religiusitas peserta didik pada SMA/SMK
di Kabupaten Sidenreng Rappang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)
untuk mendeskripsikan implementasi literasi al-Qur’an dalam pembinaan karakter
religiusitas peserta didik pada SMA di kabupaten Sidenreng Rappang, 2) untuk
menemukan faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi al-Qur’an
dalam pembinaan karakter religiusitas peserta didik pada SMA di kabupaten
Sidenreng Rappang, 3) untuk menemukan upaya yang dilakukan dalam mengatasi
masalah implemetasi literasi al-Qur’an dalam pembinaan karakter religiusitas
peserta didik pada SMA di kabupaten Sidenreng Rappang.
Untuk menjawab permasalahan diatas penulis menggunakan pendekatan
pedagogik, historis, dan sosiologis. Data penelitian bersumber dari data primer dan
data sekunder yang diperoleh dari literatur atau buku rujukan dan dokumen sebagai
data pendukung. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen
kunci, yang kemudian mengembangkan instrumen baru yaitu pedoman observasi,
pedoman wawancara, dan dokumentasi. Ketiganya digunakan untuk mengumpulkan
data di lapangan. Data yang dikumpulkan selanjutnya diolah melalui tiga tahap
yakni data reduction, data display, dan data verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi literasi al-Qur’an yang
dilaksanakan pada SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang adalah gerakan 15
menit mengaji, tadarrus dan kultum yang dilaksanakan setiap hari jum’at. Faktor
pendukung dari implementasi literasi al-Qur’an ada 2 yaitu faktor internal dan faktor
eksternal, Faktor internalnya adalah adalah dukungan kepala sekolah, guru guru yang
berkompeten dalam program literasi al-qur’an, sarana dan prasarana yang memadai,
dan peserta didik diwajibkan mempunyai al-Qur’an baik itu al-Qur’an digital
maupun yang lainnya agar pelaksanaan literasi al-Qur’an lebih mudah dijalankan.
Adapun faktor ekstrenal yakni adanya dukungan dari pemerintah setempat seperti
kebijakan Dinas Provinsi Sulawesi Selatan yang telah memprogramkan dan
mewajibkan setiap sekolah khususnnya sekolah menengah atas yang ada di provinsi
Sulawesi Selatan. Adapun faktor penghambat implementasi literasi al-Qur’an pada
SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang adalah minimnya alokasi waktu yang
diberikan dalam pelaksanaan literasi al-Qur’an, peserta didik masih kurang bisa
membaca al-Qur’an serta belum memiliki kesadaran penuh untuk melaksanakan
program literasi al-Qur’an yang dijalankan. Adapun karakter karakter religiusitas
yang ditanamkan pada peserta didik adalah karakter jujur, tanggung jawab, disiplin
dan peduli.
Adapun implikasinya penelitian ini dapat disosialisasikan dengan baik
kepada seluruh masyarakat muslim khususnya di Kabupaten Sidenreng Rappang
agar dapat menerapkan nilai-nilai karakter religiusitas dalam kehidupan sehari-hari, mempererat hubungan kepada Allah swt. dan hubungan kepada sesama manusia.
Disarankan agar implementasi literasi al-Qur’an dimaksimalkan lagi agar minat baca
peserta didik dapat meningkat serta dapat menghasilkan sumber daya manusia yang
berkualitas.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
80200218037
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?