Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH PUTERI SENGKANG KABUPATEN WAJO
Penanda Bagikan

Text

TESIS: KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH PUTERI SENGKANG KABUPATEN WAJO

FALIHAL HAIRI - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi pedagogik, maka dapat dirumuskan 3 sub masalah yaitu: 1) Bagaimana kompetensi guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo?, 2) Bagaimana upaya guru dalam pengelolaan pembelajaran pada Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo?, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat kompetensi guru pendidikan Islam terhadap pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metodologi yaitu fenomenologi dan sosiologi, dan pendekatan keilmuan yaitu teologis normatif dan pedagogis, dan sumber data penelitian ini adalah data dokumentasi dan data lapangan yaitu Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Islam. Metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, instrument penelitian yaitu panduan observasi, pedoman wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo belum maksimal, yang berkaitan dengan tugas fungsinya sebagai pembelajar, guru hendaknya menguasai teori belajar dan prinsip kegiatan pembelajaran, dan mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampuh. 2) Guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo, masih diperlukan efektivitas yang lebih optimal agar keberhasilan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan operasional guru mata pelajaran pendidikan Islam, terlihat dari upaya guru untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terutama yang berkenaan dengan perangkat pembelajaran, diperlukan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan isi dan hasil yang diharapkan. 3) Faktor penghambat guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang terdapat beberapa faktor ada yang bersifat internal dari dalam lingkungan Madrasah sendiri ada pula bersifat eksternal keadaan yang berasal dari luar Madrasah. Dari segi faktor pendukung perlu dioptimalkan dari sarana dan prasarana Madrasah, persiapan mengajar guru, perangkat pembelajaran dan fungsi yang mendukung kegiatan pembelajaran.
Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat melaksanakan dan merealisasikan kompetensi yang harus dimiliki setiap guru dan menjalankan tugas dan fungsi guru mata pelajaran pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang perlu mendapat dukungan dari semua komponen madrasah, seperti kepala sekolah, wali kelas, peserta didik itu sendiri, orang tua, dan sejumlah perangkat pendidikan yang lain, sehingga semua komponen berjalan sehingga pelaksanaan pengelolaan pembelajaran berjalan secara efektif. Guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Puteri As’adiyah agar mengoptimalkan memahami perkembangan dan pertumbuhan peserta didik, sehingga pelajaran pendidikan Islam dapat lebih optimal dan berhasil menanamkan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
80200215021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?