Text
TESIS: KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH PUTERI SENGKANG KABUPATEN WAJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi pedagogik, maka dapat dirumuskan 3 sub masalah yaitu: 1) Bagaimana kompetensi guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo?, 2) Bagaimana upaya guru dalam pengelolaan pembelajaran pada Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo?, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat kompetensi guru pendidikan Islam terhadap pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metodologi yaitu fenomenologi dan sosiologi, dan pendekatan keilmuan yaitu teologis normatif dan pedagogis, dan sumber data penelitian ini adalah data dokumentasi dan data lapangan yaitu Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Islam. Metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, instrument penelitian yaitu panduan observasi, pedoman wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo belum maksimal, yang berkaitan dengan tugas fungsinya sebagai pembelajar, guru hendaknya menguasai teori belajar dan prinsip kegiatan pembelajaran, dan mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampuh. 2) Guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo, masih diperlukan efektivitas yang lebih optimal agar keberhasilan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan operasional guru mata pelajaran pendidikan Islam, terlihat dari upaya guru untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terutama yang berkenaan dengan perangkat pembelajaran, diperlukan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan isi dan hasil yang diharapkan. 3) Faktor penghambat guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang terdapat beberapa faktor ada yang bersifat internal dari dalam lingkungan Madrasah sendiri ada pula bersifat eksternal keadaan yang berasal dari luar Madrasah. Dari segi faktor pendukung perlu dioptimalkan dari sarana dan prasarana Madrasah, persiapan mengajar guru, perangkat pembelajaran dan fungsi yang mendukung kegiatan pembelajaran.
Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat melaksanakan dan merealisasikan kompetensi yang harus dimiliki setiap guru dan menjalankan tugas dan fungsi guru mata pelajaran pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang perlu mendapat dukungan dari semua komponen madrasah, seperti kepala sekolah, wali kelas, peserta didik itu sendiri, orang tua, dan sejumlah perangkat pendidikan yang lain, sehingga semua komponen berjalan sehingga pelaksanaan pengelolaan pembelajaran berjalan secara efektif. Guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Puteri As’adiyah agar mengoptimalkan memahami perkembangan dan pertumbuhan peserta didik, sehingga pelajaran pendidikan Islam dapat lebih optimal dan berhasil menanamkan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik.
Tidak tersedia versi lain