Text
TESIS: PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPIT AL-FITYAN GOWA
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode tutor sebaya pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPIT Al-Fityan Gowa, 2) Mendeskripsikan hasil belajar baca Al-Qur‟an peserta didik di kelas VIII SMPIT Al-Fityan Gowa, 3) Mengetahui peningkatan hasil belajar baca Al-Qur‟an dengan penerapan metode tutor sebaya pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPIT Al-Fityan Gowa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain one Group Pre-Test Post-Test. Adapun 2 pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan metodologis dan pendekatan ilmiah. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan lembar tes sebagai instrumen penelitian pada populasi sebanyak 140 orang peserta didik dan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 27 orang peserta didik, sehingga diperoleh data yang diolah dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian, yaitu: 1) Bardasarkan hasil analisis lembar observasi keterlaksanaan penerapan metode tutor sebaya dengan skor nilai rata-rata keterlaksanaan penerapan metode tutor sabaya dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 3,7. Berdasarkan kategori keterlaksanaan penerapan metode tutor sabaya yang telah ditentukan sebelumnya, maka keterlaksanaan penerapan metode tutor sabaya terlaksana dengan sangat baik, 2) Hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa kelas VIII A SMPIT Al-Fityan Gowa pada pokok bahasan (Ghunnah, Qolqolah, dan Nun sukun dan Tanwin) sebelum menerapkan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran, maka nilai rata-rata yang didapat sebesar 65,3, dan hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa kelas VIII A SMPIT Al-Fityan Gowa pada pokok bahasan (Ghunnah, Qolqolah, dan Nun sukun dan Tanwin) setelah menerapkan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran, maka nilai rata-rata yang didapat sebesar 87,4, 3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh sebesar 8,06. Jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang besarnya 2,05 maka dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel = 8,06 > 2,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 pada penelitian ini ditolak dan H1 diterima. Dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa kelas VIII A SMPIT Al-Fityan Gowa.
Implikasi penelitian, yaitu: 1) Berdasarkan data hasil penelitian mengenai pelaksanaan penerapan metode tutor sebaya pada pokok bahasan (Ghunnah, Qolqolah, dan Nun sukun dan Tanwin) di kelas VIII A SMPIT Al-Fityan Gowa berada dalam kategori sangat baik maka perlu dipertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan lagi agar hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa bisa lebih meningkat lagi, 2) Berdasarkan data hasil penelitian mengenai hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa di kelas VIII A SMPIT Al-Fityan Gowa, maka secara umum hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa sudah meningkat namun masih perlu ditingkatkan lagi, 3) Berdasarkan data hasil penelitian mengenai peningkatan hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa di kelas VIII A SMPIT Al-Fityan Gowa, secara umum terdapat peningkatan hasil belajar baca Al-Qur‟an siswa dengan penerapan metode tutor sebaya, maka perlu dipertahankan karena hasilnya sudah baik.
Tidak tersedia versi lain