Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: TANGGUNG JAWAB PEMIMPIN DALAM PERSPEKTIF HADIS
NABI SAW. (Analisis Tahlili terhadap Hadis ( كُلُّ كُلُّ رَ ا عٍ رَ كُلُّ كُلُّ رَ سْ كُلُّ لٌ
Penanda Bagikan

Text

TESIS: TANGGUNG JAWAB PEMIMPIN DALAM PERSPEKTIF HADIS NABI SAW. (Analisis Tahlili terhadap Hadis ( كُلُّ كُلُّ رَ ا عٍ رَ كُلُّ كُلُّ رَ سْ كُلُّ لٌ

MUTAKDIR - Nama Orang;

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana wawasan hadis
tentang المَ سْ ئُ لٌ و /Tanggung jawab Pemimpin terhadap Hadis . ئُ ئُ لمَ ا عٍ لمَ ئُ ئُ لمَ سْ ئُ لٌ و
Tanggung jawab pemimpin yang dimaksud ialah kewajiban seorang pemimpin
atau beban yang harus dilakukan untuk kebaikan pelakunya atau pihak lain demi
terpeliharanya keserasian, keseimbangan dan keselarasan antar sesama manusia,
antar manusia dengan lingkungan atau antar manusia dengan tuhannya. Adapun
sub masalah yang dipecahkan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kualitas
hadis tentang Kullukum Ra‘in wa Kullukum Mas’u>lun , 2) Bagaimana kandungan
hadis tentang Kullukum Ra‘in wa Kullukum Mas’u>lun , dan 3) Bagaimana
Interpretasi Tekstual dan Kontekstual hadis tentang Kullukum Ra‘in wa
Kullukum Mas’u>lun . Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)
mendeskripsikan dan menganalisis kualitas dan kehujjahan hadis tentang
Kullukum Ra‘in wa Kullukum Mas’u>lun, dan 2) mengemukakan kandungan dan
interpretasi hadis tentang Al-Mas’u>l ‘an Ra‘iyyah ditinjau dari segi tekstual dan
kontekstual hadis.
Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan pendekatan
multidisipliner, yaitu pendekatan Ilmu hadis, sosio-historis dan kebahasaan.
Penelitian ini tergolong library research, data dikumpulkan dengan mengutip,
menyadur dan menganalisis isi (content analysis) terhadap literatur yang
representatif dan mempunyai relevansi dengan masalah yang dibahas, kemudian
mengulas dan menyimpulkannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kullukum Ra‘in wa Kullukum
Mas’u>lun dalam hadis Nabi saw. memiliki kualitas sanad dan matan yang s}ah}i>h}.
Hadis yang serupa dengan Kullukum Ra‘in wa Kullukum Mas’u>lun , peneliti
menemukan 10 jalur yang terdapat pada Kitab al-Tis‘ah, dari 10 jalur yang
temukan terdapat 1 sya>hid yaitu, ‘Abdillah Ibn ‘Umar dan 3 muta>bi‘ yaituSa>lim
Ibn ‘Abdillah, Na>fi‘ dan ‘Abdullah Ibn Di>nar, hingga kesimpulannya bahwa hadis
tentang Kullukum Ra‘in wa Kullukum Mas’u>lun dapat dijadikan h}ujjah}. Adapun
makna Kullukum Ra‘in wa Kullukum Mas’u>lun menurut hadis Nabi saw, yaitu
menjaga secara keseluruhan apa yang berada dibawah naungannya, memberikan
nasehat kepada rakyatnya serta seorang pemimpin mengingatkan apabila rakyatnya ditemukan ada yang berkhianat dan mengatakan kepadanya bahwa ia
adalah tanggungjawab untuknya. Dilihat dari segi tekstual hadis tentang
Kullukum Ra‘in wa Kullukum Mas’u>lun bahwa semua adalah pemimpin yang
mempunyai tugas dan tanggungjawab masing-masing, seorang pemimpin negara
bertugas untuk berbuat adil kepada rakyatnya tanpa berbelah pihak, seorang
suami bertugas untuk memberi tunjangan, nafkah serta pergaulan yang baik
kepada sang istri, seorang istri bertugas untuk mengurus, menasehati dan
menjaga amanah yang telah dititipkan suami darinya dan seorang budakpun
bertugas untuk tetap berada pada apa yang telah ditentukan oleh tuannya, yang
kesemuanya itu akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah swt,.
Sedangkan dilihat dari segi kontekstual hadis tentang Kullukum Ra‘in wa
Kullukum Mas’u>lun ialah semua manusia adalah pemimpin, minimal memimpin
diri sendiri, apakah seorang pemimpin, penguasa, berkulit putih, berkulit hitam,
orang kaya, orang miskin, Presiden, MPR, DPR, Gubernur, Bupati serta budak
sekalian jika dalam kesehariannya tidak dapat menjaga dan memelihara apa yang
telah diamanahkan terhadapnya maka tidak bisa disebut sebagai راع (pemimpn),
karna makna dari kata راع (pemimpin) ialah menjaga dan memelihara.
Implikasi penelitian ini adalah: 1) Pengetahuan tentang Kullukum Ra‘in
wa Kullukum Mas’u>lun baik dalam pandangan ilmu umum, terkhusus dalam
hadis Nabi saw. perlu menjadi perhatian dan pengembangan guna menambah
wawasan pengetahuan, dan 2) Masyarakat mesti sadar bahwa segala apa yang
ada dimuka bumi ini adalah tanggungjawab bersama dengan cara menjaga dan
memeliharanya, tanpa melihat siapa saya dan siapa mereka.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X2
80700217008
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X2
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ILMU HADIS., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?