Text
TESIS: IMPLEMENTASI METODE MUMTA
Tesis ini membahas tentang implementasi metode mumta>z dalam pembelajaran nah}wu dan s}araf pada peserta didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap. Pokok permasalahannya adalah bagaimana implementasi metode mumta>z dalam pembelajaran nah}wu dan s}araf pada peserta didik di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap dengan sub masalah yaitu: (1) Bagaimana perencanaan implementasi metode mumta>z dalam pembelajaran nah}wu dan s}araf pada peserta didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap?, (2) Bagaimana implementasi metode mumta>z dalam pembelajaran nah}wu dan s}araf pada peserta didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap?, dan (3) Bagaimana bentuk evaluasi implementasi metode mumta>z dalam pembelajaran nah}wu dan s}araf pada peserta didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap?. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan metode mumta>z berdasarkan langkah-langkah dan prinsip-prinsip pembelajaran metode mumta>z tersebut.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang mengkaji dan mendeskripsikan situasi sosial di lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penomenologis dan keilmuan (pedagogis dan psikologis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penetapan sumber data dilakukan secara purposive dan teknik analisis melalui tiga tahap, yaitu; reduksi data, penyajian data (data display), dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran nah}wu dan s}araf di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap melalui metode mumta>z aspek (1) Perencanaan bertumpu pada pengalokasian waktu, rekonstruksi materi, dan penyediaan buku paket, (2) Implementasi metode mumta>z dalam pembelajaran nah}wu dan s}araf berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-lagkah metode mumta>z, (3) Evaluasi pada implementasi metode mumta>z ialah metode tersebut memiliki kekuatan (strengths) yaitu guru dan peserta didik mampu mengimplementasikan metode mumta>z, ketersediaan media (Mp3, channel youtube mp3 dan youtube video yang mudah diakses kapan saja), dan peluang belajar (opportunities) bagi peserta didik sangat besar dan mudah dikordinir disebabkan mereka tinggal dipemondokan, sehingga waktu belajar sangat banyak.
Implikasi penelitian ini diharapkan memiliki dampak positif terhadap pengembangan pembelajaran nah}wu dan s}araf di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI As-Salman Allakuang kabupaten Sidrap, khususnya dalam pemahaman kaidah nah}wu dan s}araf.
Tidak tersedia versi lain