Text
TESIS: INTEGRASI BUDAYA LOKAL DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH SINJAI
Penelitian ini bertujuan untuk Mengeksplorasi prosedur atau langkah-langkah
pengembangan materi pelajaran bahasa Arab melalui integrasi budaya lokal di
Kabupaten Sinjai ke dalam materi pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah
Darul Hikmah Sinjai dan menguji kelayakan materi pelajaran bahasa Arab yang
terintegrasi dengan budaya lokal kabupaten Sinjai di Madrasah Tsanawiyah Darul
Hikmah Sinjai sebagai sebuah produk baru dari hasil proses penelitian dan
pengembangan materi pelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan menggunakan empat tahapan penelitian yaitu, Tahap
pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap
validasi dan uji coba produk. Instrumen yang digunakan adalah angket dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan materi pelajaran
bahasa Arab dengan mengintegrasikan budaya lokal Sinjai dilakukan melalui enam
langkah sebagai berikut, melakukan studi lapangan dan studi pustaka tentang budaya
lokal Sinjai dan beberapa hal terkait dengan Sinjai, penetapan dan penyusunan materi
hasil studi pustaka dan studi lapangan, penerjemahan materi pelajaran kelas VII
Madrasah Tsanawiyah kedalam bahasa Arab, sistematisasi materi yang telah
diterjemahkan sesuai dengan teori yang digunakan, validasi materi meliputi validasi
internal dan validasi eksternal. Validasi internal dilakukan oleh ahli materi pelajaran,
ahli tata bahasa Arab, validasi guru mata pelajaran bahasa Arab dan kepala Madrasah.
Untuk validasi eksternal disebut juga uji coba produk yang dilakukan kepada siswa
kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Sinjai dan tahap produksi. Setelah
dilakukan uji coba produk sesuai dengan tahapan dalam penelitian ini maka, produk
penelitian berupa buku materi pelajaran bahasa Arab kelas VII Madrasah Tsanawiyah
Darul Hikmah Sinjai untuk hasil uji internal presentasenya mencapai 64.02%. Dan
hasil uji eksternal menggunakan analisis statistik nonparametrik tipe Wilcoxon adalah
.003 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (003 < 0,05), dua hasil uji tersebut menunjukan
bahwa produk tersebut layak untuk digunakan. Hasil penelitian tersebut berimplikasi
kepada dua hal yaitu, hasil penelitian ini akan menjadi salah satu ajuan dalam proses
pengembangan bahan atau materi pelajaran khususnya materi pelajaran bahasa Arab
dan yang kedua, hasil penelitian ini menjadi sumbangsih posistif dalam rangka
memperkaya materi pelajaran bahasa Arab secara khusus dan semua materi pelajaran
secara umum.
Tidak tersedia versi lain