Text
TESIS: PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS AL-MANSUR BIANGLOE KABUPATEN BANTAENG
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan manajemen pendidik dan tenaga
kependidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Al-Mansur Biangloe
Kabupaten Bantaeng. Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan merupakan
kegiatan yang mencakup perencanaan pengadaan pendidik dan tenaga kependidikan,
standar, prosedur pengangkatan, pengembangan, kesejahteraan dan pemberhentian
tenaga kependidikan sekolah agar melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mencapai
tujuan sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) mengungkapkan aktivitas pelaksanaan
manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Al-Mansur Biangloe Kabupaten
Bantaeng, 2) menggambarkan mutu pendidikan di MTs Al-Mansur Biangloe
Kabupaten Bantaeng, 3) menemukan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu
pendidikan melalui pelaksanaan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di MTs
Al-Mansur Biangloe Kabupaten Bantaeng.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang
beralokasi di desa Biangloe kecamatan Pa’jukukang kabupaten Bantaeng. Adapun
pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan metodologi yang berupa pendekatan
fenomenologis, pendekatan yuridis dan pendekatan pedagogis. Sumber data diperoleh
dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, tenaga administrasi madrasah,
tenaga perpustakaan, dan tenaga laboratorium. Metode dalam mengumpulkan data
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti
sendiri, pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Setelah
data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian
data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan dan adapun pengujian keabsahan data
melalui uji kredibilitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pelaksanaan manajemen pendidik dan
tenaga kependidikan pada tahapan perencanaan, rekrutmen dan seleksi, orientasi,
pengangkatan dan penempatan, pengawasan dan penilaian, pemberian kompensasi dan
pemberhentian sudah terealisasi dengan baik, namun masih ada pendidik dan tenaga
kependidikan yang melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan bidang keahliannya, 2)
mutu pendidikan di MTs Al-Mansur Biangloe Kabupaten Bantaeng dilihat dari proses
dan hasil pendidikannya telah mengalami perkembangan, karena upaya pendidik dan
tenaga kependidikan dalam memenuhi Standar Nasional Pendidikan mampu
meluluskan seluruh peserta didiknya serta kerjasama dan komitmen yang tinggi dari
seluruh penyelenggara pendidikan, 3) upaya peningkatan mutu pendidikan melalui
pelaksanaan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Al-Mansur
Biangloe Kabupaten Bantaeng adalah melakukan perencanaan pengadaan pendidik dan
tenaga kependidikan melalui proses rekruitmen dan seleksi, penempatan pendidik dan
tenaga kependidikan sesuai kebutuhan madrasah, pengembangan melalui pelatihan,
pendidikan dan sertifikasi, pengawasan dan penilaian, dan pemberian kompensasi
secara adil untuk mempertahankan pendidik dan tenaga kependidikan.
Tidak tersedia versi lain