Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: KOMPARASI PENERAPAN METODE
AL-MIFT A>H LIL ULU>M DAN MUMTA>Z DALAM MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BACA KITAB KUNING
(Studi Eksperimen Pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone)
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: KOMPARASI PENERAPAN METODE AL-MIFT A>H LIL ULU>M DAN MUMTA>Z DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA KITAB KUNING (Studi Eksperimen Pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone)

A. FAJAR AWALUDDIN - Nama Orang;

Disertasi ini mengkaji tentang perbandingan penerapan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dan metode pembelajaran Mumta>z dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning (Studi Eksperimen pada Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Ulya Al-Junaidiyah Biru Bone. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone dengan penerapan metode al-Mifta>h Lil Ulu>m dan Mumta>z serta perbedaaan dari kedua metode tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan data kuantitatif. Sampelnya adalah Kelas XI A Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Al-Junaidiyah Biru Bone sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan (treatmen) atau yang menggunakan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dan kelas XI B sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan metode pembelajaran Mumta>z. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus uji f selanjutnya data dianalisis dengan jasa komputer statistik SPSS for windows. 16.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m Berdasarkan hasil pengolahan data melalui ststistik SPSS 23 menunjukkan Sig. 0,05 (0.048 < 0,05) atau T-Hitung > T-Tabel (-0,204) pada taraf signifikan 5% yang berarti penggunaaan metode pembelajaran Mumta>z dan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dalam meningkatkan kompetensi baca kitab kuning peserta didik terdapat perbedaan meskipun hasil yang dtunjukkan keduanya memenuhi nilai ambang batas KKM yaitu 75, yang artinya bahwa metode belajar mumtaz lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m.
Adapun temuan teori dalam penelitian ini adalah bahwa metode mumtaz memiliki teori yang berbeda dan tergolong baru di antaranya: 1). Meteri Keseluruhan Lebih Penting dari Bagian-Bagian (Teori Gastalt), 2). Teknik Penggunaan kata kunci, 3). Racikan Rumus (Kaidah) yang Komunikatif, 4). Berinovasi dengan Nilai Filosofi dari Ilmu Nahwu Saraf.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi guru dan calon guru pada mata pelajaran bahasa Arab dan guru pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) agar dapat menjadikan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dan Mumta>z sebagai salah atu alternatif dalam pelaksanaan model pembelajaran di kelas.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 400
80100317043
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
400
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN BAHASA ARAB., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
400
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?