Text
TESIS: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL JARING LABA-LABA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS KELAS XI MAN IC GOWA
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi
pembelajaran terpadu Model Jaring laba-laba pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis
peserta didik kelas XI MAN Insan Cendekia Gowa, Apakah stategi pembelajaran
terpadu model jaring laba-laba dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas X MAN Insan Cendekia Gowa, dan Bagaimana penerapan strategi
pembelajaran terpadu model Jaring laba-laba dalam meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas XI MAN Insan Cendekia Gowa.
Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action
Research) yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020 terdiri
dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri
dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan di kelas XI MIA I Man Insan Cendekia Gowa dengan jumlah siswa
17 orang. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif yang diperoleh dari
pengamatan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran selama penelitian, dan
data kuantitatif yang diperoleh dari tes hasil belajar pada tiap siklus. Selanjutnya
data dianalisis secara kualitatif, yaitu menjelaskan hasil tindakan selama proses
belajar mengajar, dan secara kuantitatif menghitung data yaitu skor rata-rata, tabel
frekuensi, nilai minimum, nilai maksimum, dan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran terpadu model
jaring laba-laba dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan
persentase ketuntasan belajar siswa, dari Prasiklus ke siklus I, dan ke siklus II,
yaitu prasiklus 29 % terjadi peningkatan di siklus I, 82 % dan disiklus II mencapai
100 % dan rata-rata kelas prasiklus adalah 67 terjadi peningkatan pada siklus I
menjadi 87 dan pada siklus II menjadi 94.
Implikasi dari Penelitian ini adalah:1) Dalam upaya meningkatan
presentase ketuntasan belajar al-Qur’an Hadis di MAN Insan Cendekia Gowa,
salah satu upaya dapat dilakukan adalah menerapkan strategi pembelajaran
terpadu model jaring laba-laba. 2) Guru sebaiknya menjadikan strategi
pembelajaran terpadu model jaring laba-laba sebagai salah satu alternatif
pembelajaran al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan presentase ketuntasan belajar
siswa. 3) Dengan selesainya tesis ini diharapkan menjadi sumbangsih pemikiran
bagi guru-guru dan siswa serta dijadikan sebagai bahan tambahan peningkatan
kualitas pembelajaran al-Qur’an Hadis khususnya pada model pembelajaran jaring
laba-laba.
Tidak tersedia versi lain