Text
DISERTASI: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perbaikan Mutu Pelayanan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Disertasi ini membahas Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perbaikan Mutu Pelayanan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, yang bertujuan; Pertama, untuk mengetahui proses implementasi manajemen sumber daya manusia dalam perbaikan mutu pelayanan yang dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Kedua, untuk menemukan, dan menganalisis serta merumuskan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi manajemen sumber daya manusia di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Ketiga, untuk menemukan hasil implementasi manajemen sumber daya manusia dalam perbaikan mutu pelayanan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan teologis, manajerial dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Kepala bagian tata usaha, Kepala sub bagian, beberapa orang Staf, dan Mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik Analisa Data menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Proses implementasi manajemen sumber daya manusia dalam perbaikan mutu pelayanan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, telah sesuai dengan standarisasi SDM yang pemerintah telah mengaturnya dalam Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti 62 Tahun 2016 Penjabaran standar Dikti ke standar turunan (SDM). Hal itu terbukti sesuai dengan fakta sebagaimana tergambar pada: a).Perencanaan dan desain organisasi berlandaskan rencana strategis (Renstra) dan rencana operasional (Renop) b). Pengadaan sumber daya manusia ditentukan oleh rektorat, dan pihak fakultas memiliki kewenangan untuk mengusulkan dan merekomendasi calon pegawai kemudian diajukan ke pihak kepegawaian. Adapun penempatannya diatur oleh pihak fakultas. c). Pelatihan dan pengembangan dalam mencapai tujuan organisasi berupa pelatihan soft skill maupun hard skill begitupula pelatihan indoor maupun outdoor. d). Sistem pengawasan dalam meningkatkan kedisiplinan itu berupa tinjauan langsung oleh pimpinan, dipantau melalui CCTV, dan face lock. e). Sistem Kompensasi yakni dinilai dari kinerja dan kehadiran pegawai, Kompensasi pokok pegawai juga tergantung jabatan, jadi untuk pegawai PNS tergantung ketetapan negara dan honorer tergantung ketetapan rektorat. f). Sistem evaluasi kinerja dengan memberikan reward dan punishment.
Kedua, Adapun Faktor pendukungnya yakni Stakeholder mendukung sepenuhnya mengenai kebijakan dan program-program fakultas dengan sistem kolektif kologial, pelatihan soft skill dan hard skill, memberi ruang seluas luasnya untuk pengembangan diri, ketersediaan fasilitas panggung seni dan pekan olah raga dan kerjasama baik dengan pengurus lembaga kemahasiswaan. Faktor penghambatnya yakni keterbatasan anggaran, regulasi, keterjangkauan komunikasi, pegawai yang sudah senior membutuhkan pekerjaan yang spesial, dan jika server pusat mengalami gangguan.
Ketiga, Adapun mutu manajemen layanan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar menunjukkan perkembangan yang lebih baik, akan tetapi tetap diperlukan upaya pembinaan secara optimal agar mutu manajemen layanan melebihi harapan pelanggan, seperti: a).Bimbingan dan Konseling berupa Penasehat Akademik (PA), dosen diawal perkuliahan memberikan motivasi, pihak jurusan dan wakil dekan bagian kemahasiswaan. b). Pengembangan Bakat dan Minat diarahkan dan difasilitasi oleh pihak pimpinan berupa panggung ekspresi, ruang teater, lapangan dan pekan olah raga dan seni setiap tahun. c). Pelatihan Soft Skill difasilitasi dan dikoordinir oleh pimpinan fakultas, dilaksanakan langsung oleh pengurus lembaga kemahasiswaan seperti HMJ, DEMA dan SEMA dan pelatihannya berupa LDK, Public Speaking, Problem Solving, dll. d). Layanan Beasiswa disediakan oleh pimpinan, hal tersebut tidak lepas dari jatah yang diberikan oleh rektorat dan bervariasi beasiswa yang ada yakni beasiswa berprestasi dan kurang mampu. e). Layanan Kesehatan sangat diperhatikan oleh pihak fakultas, seperti halnya jika ada yang sakit maka langsung menelpon ke poliklinik dan langsung mengantar dengan mengunakan kendaraan fakultas tanpa menunggu ambulance. Fasilitas layanan kesehatan terbuka untuk semua masyarakat kampus, dan untuk mahasiswa membawa KTM.
Implikasi Penelitian bahwa Manajemen sumber daya manusia sebagai suatu cara mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja secara efektif dan efesien dengan menghendaki perbaikan kualitas secara berkesinambungan (countinuos improvement) dan komprehensif dilandasi obsesi dan komitmen yang tinggi terhadap mutu, akan menjadi lembaga yang unggul dalam IPTEK dan IMTAQ. Penerapan sumber daya manusia dalam mengelola seluruh kegiatan pendidikan akan berdampak pada output pendidikan yang bermutu sesuai harapan pelanggan. Dan penerapan sumber daya manusia secara efektif akan berdampak positif terhadap peningkatan akreditasi lembaga, yang pada gilirannya akan berdampak pula terhadap peningkatan prestasi mahasiswa, yang memiliki daya saing dengan lembaga pendidikan lainnya.
Tidak tersedia versi lain