Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Makassar
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Makassar

Muhammad Aswar Ahmad - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran
kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 1
Makassar 2) Mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik
pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Makassar 3)
Mengetahui gambaran prestasi belajar peserta didik pada bidang
studi Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMKN 1 Makassar 4)
Mengetahui pengaruh signifikan kompetensi sosial guru Pendidikan
Agama Islam terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di
SMKN 1 Makassar 5) Mengetahu pengaruh signifikan kompetensi
sosial guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Makassar 6) Mengetahui
pengaruh signifikan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama
Islam dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan
agama Islam di SMKN 1 Makassar.
Jenis penelitian ini adalah eksposfacto dengan menggunakan
pendekatan metodologis yakni kuantitatif dan pendekatan keilmuan
berupa yuridis, teologi normatif, dan psikologis. Responden dalam
penelitian ini berjumlah 60 orang, untuk mengumpulkan data
menggunakan instrument angket dan format dokumentasi yang
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan
melakukan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mean variabel
kompetensi guru Pendidikan Agama Islam adalah 87 berada pada
kategori sedang 2) Mean variabel motivasi belajar peserta didik
adalah 84 berada pada kategori sedang 3) Mean variabel prestasi
belajar peserta didik adalah 85 berada pada kategori sedang 4)
Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi sosial guru
Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik.
Hal ini berdasarkan pengujian F hitung pada taraf signifikansi 0,05
menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (51,02>4,02), 5)
Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar peserta
didik terhadap prestasi belajar peserta didik bidang studi
Pendidikan Agama Islam. Hal ini berdasarkan pengujian F hitung
dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa F hitung lebih
besar dari F tabel (28,69>4,02), 6) Terdapat pengaruh yang signifikan
antara kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dan
Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Makassar. Hal ini berdasarkan pengujian F hitung
dengan taraf signifikansi 0,05% menunjukkan bahwa F hitung lebih
besar dari F tabel (32,51>3,17).
Implikasi dari penelitian ini adalah, Besar kecilnya pengaruh
yang diperoleh seharunya tidak membuat guru tidak mengasah
kompetensinya dalam hal ini kompetensi sosial. Jika hal ini tidak
diperhatikan maka salah satu yang menjadi kunci keberhasilan
belajar peserta didik akan hilang yang secara otomatis semangat
belajar dan menuntut ilmu juga akan pudar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 371
80200215060
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?