Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS INTEGRASI KEILMUAN DI MTs AL MAWADDAH WARRAHMAH KOLAKA 
SULAWESI TENGGARA
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS INTEGRASI KEILMUAN DI MTs AL MAWADDAH WARRAHMAH KOLAKA SULAWESI TENGGARA

HARTONO - Nama Orang;

Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bahan ajar IPA yang digunakan di SLTP saat ini? 2) Bagaimanakah prosedur pengembangan bahan ajar IPA berbasis integrasi keilmuan? 3) Bagaimanakah tingkat kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar IPA berbasis integrasi keilmuan? Tujuan penelitian ini adalah 1) mengkaji kelemahan bahan ajar IPA yang digunakan di madrasah saat ini. 2) Menghasilkan bahan ajar IPA berbasis integrasi keilmuan. Bidang keilmuan yang diintegrasikan yakni ilmu Agama Islam, ilmu Bahasa Inggris, dan Ilmu Matematika. 3) Menguji tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektivitas penggunaan bahan ajar IPA yang basil pengembangan yang berbasis integrasi keilmuan. Pengujian ini dilaksanakan di MTs Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development) yang menghasilkan bahan ajar yang di dalamnya memuat 1) buku peserta didik, 2) Lembar kerja peserta didik, 3) Tes hasil belajar. Pengembangan bahan ajar ini mengacu pada model pengembangan 4-D, yang terdiri atas 4 tahapan pengembangan yaitu 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (desing), pengembangan (develop), 4) penyebaran (dessiminate). Bentuk pengembangan bahan ajar ini adalah dengan mengintegrasikan dengan beberapa ilmu yaitu 1) ilmu agama Islam, dengan mengintegrasikan dengan dalil-dalil dan penjelasan agama berkaitan dengan materi yang diajarkan. 2) Bahasa Inggris, digunakan untuk menjelaskan simbol-simbol rumus, 3) matematika, digunakan dalam pemberian angka bantu untuk memudahkan merubah rumus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) bahan ajar IPA yang digunakan di MTs Al Mawaddah Warrahmah Kolaka Sulawesi Tenggara memiliki 2 kelemahan yaitu; a) terjadinya dikotomi antara ilmu umum dan ilmu Islam. b) mata pelajaran IPA terkesan sulit dipahami. 2) pengembangan bahan ajar IPA menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas; a) pendefinisian (define), b) perancangan (design), c) pengembangan (develop), d) penyebaran (disseminate). 3) Bahan ajar yang dikembangkan yang meliputi buku peserta didik, dan tes hasil belajar. Dalam pengembangannya setelah melalui uji kevalidan oleh tim validator, uji kepraktisan melalui hasil angket dalam evaluasi satu-satu, dan uji keefektifan dengan mengolah hasil pretest dan post test dengan menggunakan rumus N-Gain, maka bahan ajar IPA hasil pengembangan ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif, sehingga dinyatakan layak untuk digunakan di lingkungan madrasah.
Implikasi dari hasil penelitian ini adalah 1) Penggunaan bahan ajar IPA yang terintergasi dengan ilmu Islam sangat tepat dijadikan sebagai pilihan dalam upaya mewujudkan peserta didik yang beriman dan beramal saleh sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, karena dilengkapi dengan muatan ilmu Islam, sehingga akan melahirkan alumni madrasah yang memiliki pengetahuan yang luas, berakhlak mulia, memiliki kekuatann spiritual. 2) Pemilihan bahan ajar yang mudah dipahami peserta didik akan menambah ketertarikan peserta didik untuk menguasainya, dengan itu dapat menambah ketertarikan pada muatan ilmunya sehingga kelak dapat menjadi tenaga yang ahli di bidang itu.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370
80100316055
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?