Text
DISERTASI: DINAMIKA KURIKULUM PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BALIKPAPAN (Perspektif Pembelajaran Konten Keislaman dan Keindonesiaan)
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dinamika kurikulum Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan perspektif pembelajaran konten keislaman dan keindonesiaan. Dari pokok permasalahan kemudian dijabarkan ke dalam submasalah yang menjadi pertanyaan dalam penelitian, yaitu: 1) Bagaimana dinamika kurikulum di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan?, 2) Bagaimana akomodasi Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan terhadap kurikulum nasional?, 3) Bagaimana realitas pembelajaran konten keislaman dan keindonesiaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan?, 4) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dinamika, bentuk, akomodasi kurikulum, realitas faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan keilmuan yang digunakan adalah teologis normatif, yuridis, manajerial dan pedagogis. Adapun data utama bersumber dari hasil wawancara terhadap pengurus yayasan, guru/ustadz, santri, MTs Raadhiyatan Mardhiyyah Putra Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik mengajukan pertanyaan yang dibuat khusus melalui instrumen penelitian yaitu peneliti sebagai instrumen kunci, pedoman observasi pedoman wawancara, dan check list dokumen. Setelah pengumpulan data, maka proses selanjutnya dilakukan pengolahan dan analisis data melalui tiga tahapan yaitu: 1) reduksi data (data reduction), 2) display data (data display), 3) dan penarikan kesimpulan/verifikasi pengujian keabsahan data penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dinamika kurikulum MTs Raadhiyatan Mardhiyyah Putra Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan disimpulkan bahwa pada awalnya pembelajaran kepesantrenan tidak masuk struktur kurikulm sehingga hanya menggunakan kurikulum dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Sedangkan kurikulum pondok diajarkan di luar kelas seperti di masjid. Pada awal tahun 2000-an kurikulum pondok diajarkan di kelas. (2) Akomodasi kurikulum dilakukan dengan mengadopsi kurikulum dari pemerintah dan kurikulum pondok ikut menyesuaikan. Asas kurikulum yang digunakan adalah tauhidullah artinya semua mata pelajaran yang disampaikan ke santri harus memuat nilai-nilai tauhid. (3) Adapun pembelajaran konten keislaman secara garis besar meliputi tauhid, ibadah, dan akhlak. sedangkan pembelajaran keindonesiaan berupa Bahasa Indonesia, PKn, IPS, Matematika, Olah Raga, dan Seni Budaya dan ditambah penguatan di luar kelas dalam bentuk sosialisasi empat pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika), kegiatan ekstrakurikuler wajib pramuka, bela diri, serta pembinaan dari kepolisian. (4) Selanjutnya faktor pendukung penanaman nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan adalah integrasi kurikulum yaitu Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, dan kurikulum pondok. lingkungan yang islami, adanya qudwah, dan dukungan masyarakat dan kegiatan sosialisasi empat pilar serta ekstrakurikuler wajib. Faktor penghambat yaitu latar belakang sosial santri, dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).
Penelitian ini berimplikasi pada: 1) Pondok pesantren melakukan perubahan kurikulum dengan tetap memperhatikan ciri khas dan tujuan pondok itu yang tertuang dalam visi dan misi. 2) Akomodasi kurikulum dilakukan mengikuti perkembangan perubahan kurikulum nasional dan sebagai bentuk akomodasi terhadap kebijakan pemerintah dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kepesantrenan. 3) Penanaman nilai-nilai keislaman berupa tauhid, ibadah, dan akhlak menjadi tujuan pondok sedangkan konten pembelajaran keindonesiaan tetap mengacu pada kurikulum nasional dan ditambah penguatan keindonesiaan yaitu adanya sosialisasi empat pilar dan kegiatan ekstrakurikuler wajib maupun pilihan.
Tidak tersedia versi lain