Text
TESIS: Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Tipe Jigsaw Di SMAN 2 Polewali
Tesis ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe Jigsaw Di SMAN 2 Polewali. Dengan masalah pokok yaitu: bagaimana perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe Jigsaw di SMAN 2 Polewali.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampelnya adalah kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 yang diberi perlakuan model pembelajaran STAD, sementara kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 SMAN 2 Polewali sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatmen) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dan Jigsaw. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus uji independen sample t tes, dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25.
Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar pendidikan agama islam mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Untuk mengetahui efektifitas kedua model pembelajaran tersebut, pada uji n gain score diperoleh nilai rata-rata 49,21 dan 49,16 persen, berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw masih kurang efektif. Selanjutnya perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw diperoleh dengan perhitungan uji independen t tes yaitu nilai Sig.2 Tailed 0,986 lebih besar dari 0,05 yang berarti perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan jigsaw tidak berbeda secara signifikan atau keduanya dapat meningkatkan hasil belajar PAI
Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi guru dan calon guru pada mata pelajaran PAI agar dapat menjadikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan jigsaw sebagai model pembelajaran di kelas.
Tidak tersedia versi lain