Text
TESIS: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar PendidikanAgama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik di SMA Negeri 5 Makassar
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menggambarkan Kecerdasan Emosional didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 5 Makassar. 2) Menggambarkan kecerdasan spritual peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 5 Makassar. 3) Menggambarkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 5 Makassar. 4) Menguji pengaruh kecerdasan emosi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 5 Makassar. 5) Menguji pengaruh kecerdasan spritual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 5 Makassar. 6) Menguji pengaruh bersama-sama kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 5 Makassar.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan metodologi yakni kuantitatif dan pendekatan keilmuan berupa psikologi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 135 orang yang diperoleh menggunakan Proporsional cluster random sampling, untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen angket dan format dokumentasi yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan melakukan uji F.
Kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 5 Makassar memperoleh sebesar 17% kategori rendah, 64% kategori sedang, dan 19% kategori tinggi. Kesimpulan dari tabel di atas adalah skor kecerdasan emosional peserta didik di SMA Negeri 5 Makassar kategori sedang. Kecerdasan emosional peserta didik di SMA 5 Negeri Makassar sebesar 26 % berada pada kategori rendah, 52 % kategori sedang, dan 22 % kategori tinggi. Sehingga kecerdasan spritual peserta didik di SMA Negeri 5 Makassar termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar peserta didik di SMA 5 Negeri Makassar sebesar 25% pada kategori rendah, 64% kategori sedang, dan 10% kategori tinggi. skor hasil belajar Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik termasuk kategori sedang
Berdasarkan hasil pengolahan variabel kecerdasan emosional dengan SPSS 24 diperoleh
Tidak tersedia versi lain