Text
TESIS: STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN MAHĀRAH ALKALĀM MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU ISLAM DAN BAHASA ARAB MAKASSAR DAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berbahasa
Arab pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Islam
dan Bahasa Arab STIBA Makassar.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yaitu menggunakan metode
penelitian penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif (quantitative research). Pengumpulan data menggunakan wawancara,
dan Test. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus uji-t. Dalam
penelitian ini yang dijadikan sampel sebanyak 99 mahasiswa yang masing-masing
54 mahasiswa dari STIBA Makassar dan 45 mahasiswa dari Pendidikan Bahasa
Arab UIN Alauddin Makassar.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Kemampuan Mahārah Al-
Kalām mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar Jumlah ratarata
skor kemampuan Mahārah Al-Kalām mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN
Alauddin Makassar di atas dengan rata-rata skor adalah sebesar 2,407 dibulatkan
menjadi 2 masuk pada kriteria skor kategori “Cukup”, sedangkan Kemampuan
Mahārah Al-Kalām mahasiswa STIBA Makassar Jumlah rata-rata skor kemampuan
Mahārah Al-Kalām mahasiswa STIBA Makassar di atas dengan rata-rata skor
adalah sebesar 4,018 dibulatkan menjadi 4 masuk pada kriteria skor kategori
“Baik”.
Setelah dilakukan analisis lanjutan yaitu di secara manual mengahsilkan
nilai T hitung lebih besar dari T tabel. Bahwa terdapat perbedaan kemampuan
berbahasa Arab yang signifikan yaitu mahasiswa semester 7 Tahun Ajaran
2020/2021 STIBA Makassar lebih unggul dibandingkan Mahasiswa semester 7
Tahun Ajaran 2020/2021 Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar.
Penelitian kemampuan Mahārah Al-Kalām dapat membantu untuk
mengetahui kekurangan mahasiswa dalam kemampuan Mahārah Al-Kalām, dapat
memberikan keterangan kepada para pengajar tentang hal-hal yang dapat dilakukan
dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Mahārah Al-Kalām
serta hal-hal yang menjadi faktor penghambat kemampuan Mahārah Al-Kalām
Mahasiswa. Serta membantu pihak Prodi dalam upaya perbaikan untuk mengatasi
penghambat tersebut dan meningkatkan faktor-faktor yang dapat menjadi
pendukung kemampuan Mahārah Al-Kalām bagi Mahasiswa.
Tidak tersedia versi lain