Text
TESIS: NILAI-NILAI EMOTIONAL AND SPIRITUAL QUOTIENT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 20 PANGKEP
Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai emotional and spiritual quotient dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 20 Pangkep. Selanjutnya fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Emotional and Spiritual Quotient dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 20 Pangkep.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penomenologi dan pedagogis-psikologi. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 20 Pangkep pada kelas sepuluh (X). Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu guru pendidikan agama Islam, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan peserta didik. sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diteliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai emotional and spiritual quotient dalam pendidikan agama Islam di SMA Negeri 20 Pangkep adalah kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam yang didalamnya diintegrasikan beberapa indikator emotional and spiritual quotient, meliputi; mengelola emosi diri, empati, membina hubungan (relasi), memaknai dan kesadaran diri yang tinggi.
Implikasi dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai emotional and spiritual quotient yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran sebaiknya jelas tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk kepentingan ilmiah menyangkut nilai-nilai emotional and spiritual quotient, khususnya di SMA Negeri 20 Pangkep.
Tidak tersedia versi lain