Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: PERBANDINGAN PENGGUNAAN PENILAIAN TES OBYEKTIF DAN TES SUBYEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP
NEGERI 1 LABAKKANG
KAB. PANGKEP
Penanda Bagikan

Text

TESIS: PERBANDINGAN PENGGUNAAN PENILAIAN TES OBYEKTIF DAN TES SUBYEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LABAKKANG KAB. PANGKEP

Hasnawati - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang “Perbandingan Penggunaan Penilaian Tes Obyektif dan Tes Subyektif Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 1 Labakkang Kab. Pangkep”. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 1 Labakkang Kab. Pangkep yang diberi perlakuan penilaian tes obyektif?; 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 1 Labakkang Kab. Pangkep yang diberi perlakuan penilaian tes subyektif?; 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Labakkang Kab. Pangkep yang diberi perlakuan penilaian tes obyektif dengan penilaian tes subyektif?
Jenis penelitian tesis ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu jenis penelitian eksperimen yang menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab-akibat dengan cara mengenakan kepada satu atau lebih kelompok eksperimen, satu atau lebih kondisi perlakuan dan membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai kondisi perlakuan. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Postest control group design . Populasi pada penelitian ini adalah delapan kelas yaitu kelas VIII.A sampai kelas VIII.H dengan jumlah keseluruhan adalah 234 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen 20 peserta didik sedangkan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol 20 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel Multistage cluster random sampling adalah pengambilan sampel secara bertahap menggunakan unit pengambilan sampel yang lebih kecil dan lebih kecil di setiap tahap. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 1 Labakkang Kab. Pangkep yang diberi perlakuan penilaian tes obyektif menunjukan bahwa rata-rata nilai untuk pretest diperoleh sebesar 75, sedangkan untuk posttest sebesar 80. Artinya bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan penilaian tes obyektif (pilihan ganda), (2) Hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 1 Labakkang Kab. Pangkep yang diberi perlakuan penilaian tes subyektif menunjukan bahwa rata-rata nilai untuk pretest diperoleh sebesar 78, sedangkan untuk posttest sebesar 82, hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan penilaian tes subyektif (uraian terstruktur) mengalami peningkatan, (3) Hasil analisis data menunjukan nilai thitung 60,765 > ttabel 1,73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara post-test hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas eksperimen yang diberi perlakuan penilaian tes obyektif (pilihan ganda) dan post-test hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas kontrol yang diberi perlakuan penilaian tes subyektif (uraian terstruktur), dan lebih tinggi peningkatan hasil belajar peserta didik yang diberi penilaian tes subyektif (uraian terstruktur) daripada tes obyektif (pilihan ganda).
Implikasi penelitian ini adalah penggunaan penilaian tes obyektif (pilihan ganda) dan penilaian tes subyektif (Uraian terstruktur) efektif dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, maka dari itu seyogyanya guru melakukan diseminasi penggunaan penilaian tes obyektif (pilihan ganda) dan penilaian tes subyektif (Uraian terstruktur) untuk dapat meningkatkan hasil belajar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370
80200218014
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?