Text
TESIS: PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP ISLAM DARUL ISTIQAMAH CABANG TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Islam Darul Istiqamah Cabang Towuti Kabupaten Luwu Timur, 2) menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Islam Darul Istiqamah Cabang Towuti Kabupaten Luwu Timur, 3) menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Islam Darul Istiqamah Cabang Towuti Kabupaten Luwu Timur, 4) menganalisis kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Islam Darul Istiqamah Cabang Towuti Kabupaten Luwu Timur.
Jenis penelitian ini adalah ekspost facto, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Darul Istiqamah Cabang Towuti Kabupaten Luwu Timur yang berjumlah 170 siswa yang diambil 25% atau 42 orang siswa dari masing-masing kelas VII, VIII dan IX SMP Islam Darul Istiqamah Cabang Towuti Kabupaten Luwu Timur dengan teknik pengambilan Proportionate Stratified Random Sampling untuk mendapatkan sampel yang dapat menggambarkan populasi dalam penelitian. Selanjutnya teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan studi dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial.
Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara langsung berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 71,4%, selebihnya 28,6% dijelaskan oleh variabel lain selain. Kecerdasan spiritual secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 61,4%, selebihnya 28,6% dijelaskan oleh variabel lain. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 72,9 % selebihnya 27,1 % dijelaskan oleh variabel lain selain dari kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.
Implikasi penelitian ini adalah pentingnya seorang guru memperhatikan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa yang dialami siswa dalam proses pembelajaran agar hasil belajar Pendidikan Agama Islam nantinya dapat meningkat. Selain itu juga guru meningkatkan kualitas pribadinya sebagai teladan bagi siswanya agar mereka termotivasi, percaya diri dalam kegiatan pembelajarn serta menyiapkan sarana dan prasarana dan juga pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar menunjang prestasi belajar siswa. Hendaknya para orang tua atau wali siswa memberikan dukungan serta memfasilitasi putra dan putrinya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah.
Tidak tersedia versi lain