Text
TESIS: PEMAHAMAN SANTRI PON-PES IMMIM TERHADAP MUKHTAR AL-AHADIS DAN APLIKASINYA
Masalah pokok dalam penelitian ini ialah bagaimana pemahaman santri Pondok Pesantren IMMIM terhadap hadis-hadis dalam kitab Mukhta>r al-Ah}a>di>s\ dan aplikasinya? Kemudian dijabarkan dalam tiga sub bahasan yaitu, bagaimana metode pembelajaran kitab Mukhta>r al-Ah}a>di>s\, bagaimana pemahaman santri terhadap Mukhta>r al-Ah}a>di>s\ dan bagaimana aplikasi dari hadis yang dihafal dalam kitab Mukhta>r al-Ah}a>di>s\ ?. Adapun tujuannya ialah untuk mengetahui metode pembelajaran buku Mukhta>r al-H{adi>s\, pemahaman santri dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk menjawab permasalahan di atas digunakan pendekatan ilmu ma’ani al-hadis dan sosiologis yang bersentuhan langsung dengan objek penelitian dengan menggunakan metode sampling. Dalam pengolahan data digunakan teknis analisis data berdasarkan temuan di lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran kitab Mukhta>r al-Ah}adi>s\ di Pondok Pesantren IMMIM sudah bagus karena menekankan sistem hafalan, sekalipun sistem yang digunakan tidak seragam atau menentu dan tidak pula dalam keadaan bersama-sama sehingga terkadang santri kesulitan dalam menghafal hadis yang diperintahkan. Adapun pemahaman santri terhadap hadis yang sudah dihafal atau yang dilihat sebatas pada arti atau pengertian yang tertera dalam buku atau tekstual, hal tersebut dikarenakan minimnya penjelasan dari para pembina tentang kandungan hadis yang sudah dihafal karena keterbatasan waktu dan pembina dengan sekian ratus santri yang dihadapi. Nilai aplikatif dari hadis yang dihafal masih minim, hal tersebut tercermin dari kegiatan sehari-hari santri seperti lewat depan orang yang sedang menunaikan salat, makan dan minum dengan tangan kiri dan bahkan berdiri ketika tidak ada atau tidak melihat pembinanya. Sekalipun demikian, ada beberapa santri yang sudah mampu mengaplikasikan hafalan dan pemahaman yang ia peroleh dari hadis yang telah dihafal.
Hasil penelitian tersebut berimplikasi akan perlunya penelitian lanjutan yang berkaitan dengan penelitian ini, khususnya yang berkaitan langsung dengan paham keagamaan para peserta didik di dunia pesantren sebagai pelopor untuk menciptakan agamawan dan ilmuan, hal ini untuk mendeteksi lebih dini paham keagamaan seseorang demi terciptanya kedamaian dan keselamatan melalui paham wasatiyah yang bersatu dalam aspek usul dan toleransi tentang khilafiyah.
Tidak tersedia versi lain