Text
TESIS: Penerapan Manajemen Kesiswaan Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik SMAN 1 Madapangga di Kabupaten Bima
Perilaku menyimpang yang dilakukan oleh peserta didik dari hari
kehari semakin kompleks. Untuk mencegah perilaku menyimpang peserta
didik maka dibutuhkan peran semua pihak, baik pihak lembaga keluarga
yang dianggap sebagai lembaga pendidikan pertama bagi seorang anak,
lembaga adat yaitu lembaga yang dianggap sebagai lembaga tertua dalam
kehidupan sosial yang bersifat demokratis maupun totaliter, lembaga
penegak hukum yaitu lembaga formal yang memiliki tugas dan fungsi
sebagaimana diatur dalam undang-undang. Fungsinya sebagai pengendalian
sosial, lembaga keagamaan yang berfungsi sebagai sistem keyakinan dan
praktek keagamaan dan terakhir yaitu lembaga pendidikan yaitu sebagai
lembaga pengendalian sosial yang memiliki peran yang sangat andil dalam
keikutsertaan mengontrol terkhusus perkembangan peserta didik dan
umumnya terhadap semua jajaran dalam pendidikan. Untuk itu, tujuan
penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan manajemen
kesiswaan di sekolah SMAN 1 Madapangga. (2) Untuk mengetahui
penerapan manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku menyimpang
peserta didik SMAN 1 Madapangga. (3) Untuk mengetahui bentuk-bentuk
penyimpangan peserta didik di sekolah SMAN 1 Madapangga. (4) Untuk
mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyimpang pada
peserta didik SMAN 1 Mdapangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan
kualitatif. Dengan lokasi penelitian di sekolah SMAN 1 Madapangga
Kabupaten Bima. Informan dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik yang
melakukan tindakan menyimpang, orang tua peserta didik, tokoh agama, guru
mengaji, pihak kepolisian dan terakhir yaitu semua jajaran Guru SMAN 1
Madapangga.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen
kesiswaan dalam mengatasi perilaku menyimpang yang dilakukan oleh
peserta didik. Adapun yang dilakukan oleh pendidik/guru di sekolah untuk
mengatasi perilaku menyimpang yaitu memberikan pengarahan atau nasehat,
menanamkan akhlak budi pekerti kepada peserta didik dan menetapkan
beberapa aturan sekolah berupa tata tertib sekolah.
Tidak tersedia versi lain